Pewarta: Dr. Evitayani, S. Pt, M. Agr , Resti Afriani dan Panji Pangestu.
Pekanbaru merupakan ibu kota provinsi Riau, kota ini dikenal sebagai sentra ekonomi terbesar di Sumatera. Walaupun peternakan disini tidak sebesar yang ada di provinsi sekitarnya, tetapi masih ada ditemukan peternak-peternak di daerah ini.
Mahasiswa KKN melaksanakan berbagai macam program kerja diantaranya yaitu pembuatan molases dan pembuatan jamu untuk unggas, selain itu para mahasiswa juga berdiskusi dengan dinas pertanian dan perikanan kota pekanbaru yang juga menaungi bidang peternakan untuk wilayah kota pekanbaru.

Dengan adanya program ini dapat membantu dan menginformasikan kepada para peternak yang sebelumnya tidak mengetahui fungsi dan manfaat dari jamu dan molases tersebut.

Molases atau sering disebut tetes tebu merupakan produk hasil dari pengolahan gula tebu yang masih mengandung gula dan juga asam organik. Molases yang dibuat berbentuk cairan dan berwarna coklat.

Molases berfungsi sebagai prebiotik bagi mikroorganisme dalam pembuatan EM4. Molases sangat diperlukan di bidang peternakan dan pertanian.

Jamu untuk unggas yang dibuat yaitu jamu herbal tidak mengandung bahan kimia, sehingga peternak tidak perlu ragu untuk memberikannya ke ternak.

Bahan yang digunakan disini yaitu  rempah-rempah seperti jahe dan kunyit yang kemudian dicampurkan ke pakan unggas, setelah kami mencampur jamu dengan pakan, unggas langsung memakannya.

Tujuan pemberian jamu yaitu untuk meningkatkan nafsu makan ayam, melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, menghangatkan suhu tubuh serta dapat meningkatkan sistem imun.

Kemudian kami juga memberi tahu ke peternak bagaimana cara pemberiannya yaing dilakukan dengan dua cara yaitu dicampur dengan pakan dan dicekok langsung ke ayam.

Selain menjalin kegiatan dengan masyarakat, para mahasiswa KKN juga berkoordinasi dengan dinas setempat tentang bagaimana prospek pengembangan peternakan yang ada dikota pekanbaru, selain itu dinas pertanian dan perikanan kota pekanbaru juga menawarkan kepada mahasiswa KKN mengenai berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti oleh mahasiwa nantinya yang berkaitan dengan bidang peternakan. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY