PadangTIME – Payakumbuh  – Sukses mengelarnya dan sukses menjadi juara umum, adalah prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 28 tahun 2020 setelah mengalahkan Provinsi DKI Jakarta yang berada pada posisi kedua dan Provinsi Jawa Timur pada posisi ketiga. Sebelumnya, Provinsi Sumbar hanya bisa berada di urutan ke 14 pada MTQ Nasional ke 27 di Medan, tahun 2018 lalu.
Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim MTQ Nasional Nomor 01/Kep.DH/MTQN-XXVIII/2020 yang dibacakan Prof. Dr. H. M. Roem Rowi, MA di acara penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (20/11) malam.
Namun, prestasi membanggakan itu tak hanya dirasakan oleh Provinsi Sumbar saja, Kota Payakumbuh turut bersuka cita. Karena Muhammad Harun Arrasyid, dan Muhammad Dhonan Lathif, dua siswa SMA IT ICBS Payakumbuh utusan Kota Payakumbuh untuk mewakili Provinsi Sumbar itu telah mencatatkan nama sebagai Juara 1 pada cabang Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) Putra, meraih medali emas setelah di pertandingan final berhasil mengalahkan Provinsi Sumatera Utara dan DKI Jakarta.
Bahkan, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno terharu sempat mengeluarkan air mata menyaksikan langsung perlombaan kafilah Sumbar MTQ tingkat Nasional ke XXVIII tahun 2020 cabang Fahmil Qur’an di Auditorium Universitas Negeri Padang, Kamis (19/11). Karena kemenangan pada cabang MFQ adalah yang pertama masuk catatan raihan emas untuk Sumbar pada MTQ Ke 28 itu.
Sementara itu, Wali Kota Riza Falepi saat mengetahui hasil yang diraih itu Jumat (20/11) malam reaksinya kaget dan terharu. Utusan Kota Payakumbuh yang mewakili Sumbar dapat berkontribusi memberikan kemenangan besar di iven keagamaan Islam rutin berskala Nasional itu.
Mereka adalah Putra Putri kebanggaan Kota Payakumbuh, dimana selain M. Harrun Arrasyid dan Muhammad Dhonan Lathif untuk cabang Fahmil Qur’an Putra meraih juara 1 (medali emas), Kuntum Khaira Ummah untuk cabang Syahril Qur’an Putri meraih juara 2 (medali perak), dan Diang Kumala untuk cabang Fahmil Qur’an Putri meraih harapan 3.
“Selamat, kita bangga memiliki ananda-ananda hebat yang bisa meraih juara satu maupun yang sudah mewakili Sumbar dari Kota Payakumbuh. Kemenangan ini bisa mengharumkan nama kota dan provinsi kita tercinta,” kata Wali Kota Riza Falepi.
Menurut Riza, hikmah dari MTQ di tengah pandemi Covid-19 saat ini adalah agar ditingkatkan rasa takwa kepada Allah yang maha kuasa, hari ini Sumbar menang MTQ, insyaallah dunia akan menang melawan Covid-19.
“Dari para peserta MTQ ini, kita ambil hikmahnya, kalau mereka adalah para pejuang dari Sumbar dengan meraih prestasi dan mengangkat nama Sumbar di tingkat nasional. Bahkan diharapkan bisa menjadi duta ditingkat Internasional dan sekaligus ikut syiarkan agama Islam di muka bumi ini,” pungkas Riza.
Ketua LPTQ Kota Payakumbuh Rida Ananda didampingi Kabag Kesra Setdako Ul Fakhri yang sangat support kepada peserta dari Payakumbuh serta hadir langsung di acara pembukaan dan penutupan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, mulai dari kantor kemenag, official, pelatih, guru, dan orang tua anak yang telah mendukung dan memberikan dorongan moril serta marterilnya sehingga peserta dapat tampil dan memberikan hasil sebuah prestasi besar.
“Kesra, LPTQ, organisasi keagamaan di kota Payakumbuh sangat antusias memberikan dukungan kepada kafilah Sumbar, terutama yang berasal dari Payakumbuh, dengan cara hadir langsung disetiap lokasi cabang lomba yang diikuti kafilah yang berasal dari Payakumbuh. Prestasi ini milik kita semua, dan patut kita syukuri. Sebagai orang islam, ini adalah kebanggaan kita bersama,” pungkas Rida Ananda. (pt)
Balang

LEAVE A REPLY

36 + = 41