Ketua Komisi I DPRD Padang Minta Pemko Segera Ajukan PSBB

184

PadangTIME.com – Pasien positif virus corona atau Covid-19 di Kota Padang terus bertambah setiap harinya. Hingga Senin, 31 orang warga Kota Padang terkonfirmasi positif Covid-19.Ketua Komisi I DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti mengaku prihatin dengan semakin bertambahnya pasien positif Covid-19 di Kota Padang.

“Makin hari, korban makin bertambah. Kondisi seperti ini tentu tidak bisa kita biarkan. Kami mendesak Pemko Padang segara mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujarnya, Senen (13/4).

Elly mengatakan, Komisi I akan segera menggelar rapat dengan Gugus Covid-19 Kota Padang untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya di lapangan.

“Antara pemko dan dewan tak boleh jalan sendiri-sendiri. Untuk itu, kita minta pemko menyampaikan blue print atau kerangka kerja penanganan Covid-19 ke dewan,” ungkapnya.

DPRD, kata Elly akan terus melaksanakan fungsi pengawasannya terhadap penanganan Covid-19 ini. “Salah satu tugas kami adalah pengawasan. Setelah kami di Komisi I menggelar rapat internal, kami sepakat turun ke lapangan untuk mengawasi, terutana ke kecamatan-kecamatan,” terangnya.

Untuk diketahui, kata Elly, masalah krusial saat ini terletak di kecamatan. Kecamatan menjadi titik perhatian dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

“Kecamatan tak hanya mensosialisasikan soal Covid-19, tetapi juga melakukan pendataan pembagian sembako bagi warga terdampak Covid-19,” pungkasnya.

Elly menekankan, tak hanya kecamatan dan kelurahan, RT dan RW juga harus digerakan. Bahkan masyarakat sendiri harus bertindak sebagai sosial kontrol.

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tak hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga semua elemen masyarakat. Misalnya, ada yang kumpul-kumpul, ada yang tidak pakai masker, ada yang terindikasi tapi tidak isolasi diri, maka masyarakat harus mengingatkan,” pungkasnya.(01)

Balang

LEAVE A REPLY