Home Universitas Negeri Padang Keterbukan demi Pembangunan di Wisuda UNP adakan Orasi Ilmiah...

Keterbukan demi Pembangunan di Wisuda UNP adakan Orasi Ilmiah Ketua KI Pusat,

0

PadangTIME.com – Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro didapuk sebagai pengisi orasi ilmiah pada gelaran wisuda Universitas Negeri Padang (UNP) ke 128, Jumat ( 23/9) .

Setiba di UNP, Donny Yoesgiantoro disambut langsung oleh Rektor Prof Ganefri, “Selamat datang Ketua KI Pusat Pak Donny Yoesgiantoro di UNP, kampus berprediket informatif pertama di luar Pulau Jawa,” sebut Prof Ganefri di lantai 4 Rektorat.

Kedatangan Donny didampingi oleh Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Wakil Ketua Arif Yumardi dan Komisioner KI Sumbar bidang Kelembagaan Tanti Endang Lestrai.

Sementara Prof Ganefri selaku tuan rumah didampingi Alumni UNP juga Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar dan Ketua Alumni Ali Mukhni serta Sekretaria UNP Erianjoni

Dikesempatan Fauzi Bahar mengatakan, UNP selain terus berinovatif dan berkolaboratif juga menjadi kampus informatif di era Prof. Ganefri.

“Kampus UNP selalu terbuka untuk informasi bagi data, mudah dan murah serta cepat berurusan di kampus ini, itu karena informatif telah jadi branding UNP,” kata Fauzi Bahar.

UNP bisa dibilang sebagai kampus informatif pertama di luar pulau Jawa, itu adalah bukti komitmen dan konsisten dari Rektor dan jajaran petinggi di UNP.

“Ya UNP jadi contoh sebuah komitmen dan konsisten pimpinan badan publik dalam. menjalankan perintah UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” sambung Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska.

Dikatakan, UNP pertama kali raih prediket informatif penilaian KI Pusat di tahun 2019, pada 2020 sempat turun ke prediket Menuju Informatif, tapi tahun 2021 UNP kembali meraih Informatif dengan nilai nomor dua tertinggi se Indonesia,

Donny Yoesgiantoro menyampaikan kedatangan di kampus UNP untuk pertama sekali dan sebuah kebanggaan bagi dirinya bisa datang di kampus informatif.

“Saya hadir di kampus yang terbranding sebagai kampus informatif tentu ini sebuah kebanggaan, bahwa kalau mau dan sungguh UU Keterbukaan Informasi itu beri kemudahan dan murah serta datang kepercayaan UNP telah membuktikannya,” ujar Donny Yoesgiantoro.

Donny mengisi orasi ilmiahnya bertajuk” Urgensi Keterbukaan Informasi Publik dalam Pembangunan Daerah” (Transisi Energi) dihadapan 852 wisudawan dan ratusan orang tua wisudawan yang dilaksanakan di Gedung Auditorium.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara KI Pusat dan Universitas Negeri Padang sekaligus juga kerjasama KI Sumbar dengan Prodi Ilmu Sosial.

Diketahui gelaran wisuda Universitas Negeri Padang ke 128 tahun ini UNP mewisuda sebanyak 2657 terdiri dari tamatan program S1 dan D4 non kependidikan dan D lll.

Rektor UNP Prof Ganefri dalam pidato wisuda tahun ini berjudul “Peran Pentahelix Perguruan Tinggi untuk Pembangunan Daerah”

Mengakhiri sambutan Prof Ganefri menyatakan, UNP sebagai perguruan tinggi yang saat ini melakukan transformasi baik secara fundamental maupun praktikal. Hal itu untuk menjawab berbagai tantangan dan isu masa depan. (PT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version