ad
Padang TIME – Kesadaran dan kewaspadaan dini memang sangat penting dalam rangka meningkatkan rasa keamanan, ketertiban dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Padang. Termasuk salah satunya di kalangan perguruan tinggi.
Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kali ini menggelar Sosialisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bagi sejumlah mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Kota Padang, Rabu (25/8/2021).
Kegiatan yang dilangsungkan di Ruang Abu Bakar Ja’ar Kantor Balai Kota Padang itu, dibuka oleh Kepala Kantor (Kakan) Kesbangpol Padang Tarmizi Ismail.
Beberapa narasumber pun dihadirkan diantaranya Kasat Intelkam Polresta Padang Akp Ridwan, S.Ag. MH, Pasi Intel Kodim 0312/Padang Mayor Johansyah, serta Ketua FKDM Prof. Dr. H. Duski Samad dan Kabid Kewaspadan dan Penanganan Konflik Badan Kesbangpol Sumbar A. H. Arsland, S.Sos. M.Hum.
Dalam sambutan dan arahannya Tarmizi berharap, melalui Sosialisasi FKDM tersebut mencegah dari dini apa saja hal yang tak diingini.
“Jadi melalui kegiatan ini kita membentuk sikap apa saja yang mesti ditumbuhkan bagi masyarakat atau generasi muda kita. Khususnya dalam menanamkan kepedulian yang terjadi di lapangan, seperti peka dan mampu mendeteksi apa saja yang bisa mengancam keamanan baik bagi diri sendiri, lingkungan serta warga kota ini tentunya,” jelasnya.
Selanjutnya Tarmizi pun juga memaparkan seiring mulai banyaknya tantangan dan hambatan bagi warga negara Indonesia saat ini, baik yang datang dari dalam maupun dari luar.
“Kita sama tahu dewasa ini perkembangan media sosial sangat berkembang pesat di tengah kehidupan. Semuanya ada dua mata sisi, baik ada yang positif bahkan sebaliknya ada juga yang negatif.
Jadi kita berharap para mahasiswa yang mengikuti sosialisasi FKDM ini dapat memahami langkah yang tepat guna menangkalnya secara dini.
Begitu juga permasalahan lainnya,” tambahnya memaparkan.
Lebih lanjut Kakan Kesbangpol Padang itu juga berharap kehidupan bermasyarakat di Kota Padang senantiasa kondusif dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.
“Maka itu sikap kebersamaan dalam menjaga kenyamanan dan keamanan bagi kota ini harus terus kita tumbuhkan kepada setiap elemen masyarakat.
Karena aparatur pemerintah saja tentu tidak akan bisa mewujudkannya, perlu dukungan semua pihak,” harap dia.”Untuk itulah kita membangun sinergi dan komunikasi melalui peran forum kewaspadaan dini masyarakat ini. Sehingga semua hal-hal yang tak diingini bisa sama-sama kita deteksi dan carikan solusinya,” pungkas Tarmizi mengakhiri. (PT)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here