Kementrian RI Laksanakan Pelatihan Edukasi Keuangan Bagi Ketua Kelompok Tani

0
898
Padang TIME – Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Satker Pusat IPDMIP melaksanakan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK) tingkat dasar bagi ketua kelompok tani se Kabupaten mulai 1 sampai 3 September 2021 di Hotel Triza Painan.
Kegiatan yang didanai oleh Satker Pusat IPDMIP tahun 2021 itu dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, Nuzirwan, Rabu (1/9)
Nuzirwan menjelaskan, tujuan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan bagi ketua kelompok tani tersebut adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas ketua kelompok tani dalam pengelolaan keuangan usaha tani di Kabupaten Pesisir Selatan.
Disebutkan, melalui PLEK itu diharapkan dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan usaha pertanian pada kelompok tani. Kemudian diteruskan pula oleh para ketua kelompok tani dan penyuluh swadaya petani dengan cara yang mudah dipahami kepada anggota kelompok tani lainnya.
Sedangkan edukasi yang diberikan khususnya akses produk dan layanan keuangan pertanian seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP).
Ia menyebutkan, kegiatan PLEK memakai video tutorial sebagai bahan ajar serta format laporan keuangan bentuk tercetak. Sementara tenaga pelatihan adalah penyuluh atau staf lapangan IPDMIP yang sebelumnya juga telah mendapatkan pelatihan.
“Kita berharap para ketua kelompok tani agar mengikuti pelatihan itu dengan serius dan ilmu yang diperoleh supaya dapat diaktualisasikan nanti dalam kelompok. Pelatihan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kapasitas ketua kelompok tani dalam pengelolaan usaha tani,” katanya.
Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 1 sampai 3 September 2021  di Hotel Triza Painan itu diikuti oleh 52 orang peserta yang terdiri dari ketua kelompok tani se Kabupaten Pesisir Selatan. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here