Kemenag Pessel Sukses Gelar Kelas Menulis “Sagusabu”

718

Padang TIME.com-Literasi bukanlah hal yang baru dilingkungan dunia pendidikan terutama untuk di Kabupaten Pesisir Selatan karena Literasi tidak hanya tentang bagaimana membiasakan membaca, namun lebih dari itu, literasi juga mencakup tentang bagaimana melahirkan karya tulis seperti buku dan sebagainya.

Diberbagai sekolah dan madrasah belakangan ini sedang giat-giatnya membudayakan literasi terutama bagi para pelajar maupun kalangan pendidik kali ini, Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Pesisir Selatan yang terbentuk pada Januari 2020, bekerjasama dengan KPPL Kemenag Sumbar dan Media Guru Indonesia yang digelar di Hotel Hannah, Painan.

Ketua panitia sekaligus ketua KPPL Pesisir Selatan, Ahmad asdi, mengatakan pelatihan Kelas Menulis Satu Guru Satu Buku (Sagusabu) di ikuti sebanyak 175 peserta yang berasal dari Lingkungan Kemenag Pessel yakini Guru, ASN non Guru bahkan satu orang siswa dari madrasah ikut tertarik untuk mendaftarkan diri.

“Kegiatan ini kita gelar selama dua hari dari hari Selasa sampai Rabu kemarin,”kata Ahmad Asdi, Jumat (28/2).

Ia menjelaskan, bahwasanya peserta yang mengikuti pelatihan tersebut tanpa paksaan, dan semua itu semata karena ketertarikan mereka setelah mendengarkan anjuran dari berbagai pihak yang pernah mengikuti kegiatan yang sama di kabupaten/Kota lainya.

Dijelaskanya, adapun dasar diadakannya pelatihan itu adalah guna meningkatkan kemampuan ASN dalam menulis. Disamping itu, bermamfaat untuk dirinya dan juga masyarakat seperti dalam menulis untuk kenaikan pangkat, meningkatkan kompetensi guru, serta bisa dijadikan referensi bacaan oleh kalangan umum.

Selain itu, pelatihan menulis ini juga dalam rangka membantu guru dalam memenuhi Kewajiban PKB sesuai dengan UU Guru jadi kami mengharapkan dengan pelatihan ini mampu meningkatkan posisi Indonesia yang masih rendah dalam hal literasi,”harap Asdi.

Pada pelatihan Kelas Menulis Sagusabu itu dibuka langsung oleh Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar sekaligus sebagai Keynote Speaker, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah. Serta juga di hadiri Kabid Penmad Drs.H. Syamsul Arifin,M.Pd, Kejari Painan yang diwakili Muslianto,SH, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan, dan Kapolres Pessel, AKBP. Cevi Nopal diwakili Kasubag MinPers Iptu. Nofrianda.

Balang

LEAVE A REPLY