Padang TIME.com-PADANG – Para kaum Ibu di Kota Padang khususnya yang bernaung di bawah wadah Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang, menggelar puncak peringatan hari bersejarah bagi perempuan Indonesia yakni Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 tahun 2019.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kyriad Hotel Bumi Minang, Senin (23/12/2019) itu, berlangsung semarak dan memiliki syarat makna. Pasalnya acara yang dibuka secara resmi Wali Kota Padang yang diwakili Sekda Kota Padang Amasrul tersebut, mengangkat tema secara nasional yakni “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Hadir dikesempatan tersebut Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli yang juga Penasehat GOW Kota Padang, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Padang Ny. Marni Amasrul, Kepala DP3AP2KB Kota Padang Heryanto Rustam serta ketua organisasi wanita se-Kota Padang dan unsur penting lainnya.

Sekda Amasrul dalam sambutan dan arahannya menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Gusti Ayu Bintang Darmawati. Mengawali sambutan ia pun mengucapkan atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik PHI ke-91 di tingkat Kota Padang tahun ini.

“Sebagaimana diketahui, Hari ibu yang diperingati setiap 22 Desember memiliki makna yang begitu besar sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerakan perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” sebutnya.

Ia melanjutkan, sesuai tema dari PHI ke-91, yaitu dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dan lain-lain. Kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi, pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder termasuk peran laki-laki dalam mengkampanyekan gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender.

“Pemerintah tentunya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya peringatan Hari Ibu terutama untuk 7 (tujuh) pimpinan organisasi perempuan. Yaitu diantaranya OASE, Kongres Wanita Indonesia (Kowani), TP-PKK Pusat, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, DWP Pusat, Ikatan Wanita Pengusaha. Indonesia (Iwapi) dan lainnya. Harapan kita, melalui PHI ke-91 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan,” tukasnya.

Sementara itu Ketua GOW Kota Padang Ny. Genny Putrinda menyebutkan, PHI ke-91 tingkat Kota Padang diselenggarakan dalam rangka mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bahagian yang tidak terpisahkan dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Selain itu, PHI juga dimaksudkan untuk mempertebal semangat seluruh komponen bangsa dalam mencapai kemajuan di bidang pembangunan serta membangkitkan kepedulian bersama perempuan di Kota Padang.

“Adapun peserta pada PHI ke-91 tingkat Kota Padang kali ini diikuti perwakilan 30 organisasi wanita di Kota padang sebanyak 130 orang. Dan dari TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan sebanyak 280 orang,” sebutnya.

Senada dengan itu, panitia pelaksana kegiatan Maiyulnita menambahkan, untuk memperingati dan merayakan PHI ke-91 tahun 2019 tersebut GOW Kota Padang juga menggelar serangkaian acara penting dan lomba menarik.

Balang

LEAVE A REPLY