Kartu Tani Berikan Kemudahan Bagi Petani Mendapatkan Pupuk Bersubsidi

333

Padang TIME.com-Pengurus Kelompok Tani (Keltan) di Kecamatan Bayang Utara menerima Kartu Tani yang diserahkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Ir. Nuzirwan, M.T., di aula Kantor BPP setempat, Senin (9/3).

Dijelaskan, dengan Kartu Tani, maka petani mendapatkan kemudahan dan kepastian memperoleh pupuk bersubsidi, melakukan penjualan hasil panen tanpa perantara, kemudahan dalam mengakses permodalan di lembaga perbankan dan keuangan yang ditunjuk pemerintah, dapat digunakan sebagai tabungan dan lainnya.

Pada kesempatan itu Nuzirwan juga mengatakan, pihaknya terus mendorong petani agar meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) untuk mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan nasional.

Disebutkan lebih lanjut, lahan sawah beririgasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan juga terus dioptimalisasi untuk menggenjot produksi padi yang menjadi sumber ekonomi masyarakat.

“Lahan sawah beririgasi itu tetap mendapat perhatian, dimana pemkab mengupayakan lahan tersebut digarap secara maksimal untuk tanaman padi yang pada gilirannya meningkatkan ekonomi masyarakat Pesisir Selatan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan kapasitas tenaga PPL yang ada di setiap kecamatan melalui training, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai mestinya.

Lebih lanjut menurutnya, sejauh ini sektor pertanian masih menjadi basis ekonomi masyarakat Pesisir Selatan. Sebab, daerah ini memiliki lahan pertanian yang cukup luas, dan sebagian besar masyarakatnya berusaha di sektor pertanian.

“Sektor pertanian juga mempunyai peran penting dalam sumbangan ekonomi serta penguatan pangan masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan selama ini,” ungkapnya

Selanjutnya, ketika tanaman mulai menghijau hendaknya terus diamati dan diwaspadai terhadap serangan hama dan penyakit.
“Bila itu terjadi, maka petani diminta melaporkannya pada PPL agar dapat dilakukan tindakan pencegahan mewabahnya hama dan penyakit,” katanya.

Balang

LEAVE A REPLY