Home KOTA Kota Payakumbuh Karang Taruna Komara Terbaik III Karang Taruna Berprestasi Tingkat Sumbar 2022

Karang Taruna Komara Terbaik III Karang Taruna Berprestasi Tingkat Sumbar 2022

0

Padang TIME.com – Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman menjadi Terbaik III dalam Penilaian Pilar-Pilar Sosial (Karang Taruna) Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Ketua Karang Taruna Komara, Indra Gustian bersamaan dengan Terbaik I yang diraih oleh Karang Taruna Tunas Gema dari Kota Bukittinggi dan Terbaik II diraih oleh Karang Taruna Generasi Muda Ganting dari Kota Padang Panjang, usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Gubernur Sumbar, Padang, Rabu (17/8/2022).

“Selamat atas prestasi yang telah dicapai, semoga bisa mempertahankannya, dan bermanfaat bagi pengembangan organisasi pemuda ini ke depan ,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Genius mengatakan bahwa, karang taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda desa juga sangat dibutuhkan perannya dalam pembangunan desa khususnya dibidang sosial.

“Kami harap karang taruna bisa membantu peran pemerintah desa untuk memberdayakan semua potensi yang ada di desa. Mendorong desa bisa berkarya dan mandiri serta membantu program-program dari Pemko Pariaman dalam upaya mensejahterakan masyarakat ,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Komara, Indra Gustian mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang ia terima, ini adalah kado terindah untuk Kota Pariaman.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman dalam hal ini Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Koto Marapak yang selalu mensuport kegiatan kami terutama kegiatan kepemudaan dan kesejahteraan sosial masyarakat.

Indra Gustian bersama rekan-rekannya di Karang Taruna Komara Desa Koto Marapak menjadi pelopor bagi pelestarian seni budaya di desanya dengan mendirikan Sanggar Seni Ragam Sakato (SARASO). Berbagai kegiatan positif yang dilakukannya seperti pelatihan gandang tasa, pelatihan randai, pelatihan petatah petitih adat, pelatihan silek, pelatihan tari pasambahan dan kesenian tradisional lainnya.

“Hal ini sebagai upaya dan peran karang taruna dalam melestarikan seni budaya khas daerah serta dapat memberikan wadah kegiatan positif bagi pemuda setempat ,” tegasnya.

Sedangkan untuk Upaya Ekonomi Produktif, Karang Taruna Komara melalui Sanggar Ragam Sakato menyediakan jasa pembuatan gandang tasa, rehab gandang tasa dan menerima jasa untuk mengisi acara-acara seperti gandang tasa, silek, dan tari penyambutan dan lainnya.

Disamping itu, untuk menghidupkan kembali tradisi/kebiasaan masyarakat Karang Taruna Komar mengadakan Festival Layang-Layang Danguang dimana sudah dua kali diadakan di Desa Koto Marapak.

“Alhamdulillah atas support tersebut Karang Taruna Komara mendapatkan prestasi ini. Setelah melalui tahap awal di tanggal 21-22 Mei 2022 yaitu ekspos ketua karang taruna se-Sumbar di Hotel Rocky Padang, setelah itu masuk 5 besar terbaik dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan oleh tim juri pada tanggal 8 Juni 2022 kemarin ,” ujarnya.

Indra mengatakan bahwa ini adalah pencapaian terbaik kami di tahun ini, dan menjadi motivasi besar bagi kami Karang Taruna Komara untuk menjadi lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya. Semoga Karang Taruna Komara bisa memotivasi karang taruna lainnya dan bisa menjadi terbaik I tingkat Sumbar. (erwin)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version