Jurusan Akuntansi Universitas Andalas carikan Solusi Pengelolaan Keuangan Keluarga Semasa Pandemi Covid-19

903

PadangTIME.com – Pengaruh penyebaran virus Corona terhadap kehidupan masyarakat Sumatera Barat dirasakan sangat signifikan. Terdapat penurunan pendapatan dikarenakan adanya pengurangan aktivitasfisik di berbagai tempat. Jurusan Akuntansi Universitas Andalas membantu masyarakat merencanakan dan mengelola keuangan keluarga dengan bijak.

Saat pandemi Jumat  (6 /11)) Jurusan Akuntansi Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka merespon secara aktif permasalahan di masyarakat yang terjadi akibat pandemic Covid 19.

Pengaruh penyebaran virus Corona terhadap kehidupan masyarakat Sumatera Barat dirasakan sangat signifikan. Terdapat penurunan pendapatan dikarenakan adanyapenguranganaktivitasfisik di berbagaitempat. Sementara kenaikan pengeluaran dikarenakan kegiatan “stay at home” dan juga kenaikan kebutuhan kesehatan seperti masker, vitamin, kebutuhansanitasi dan kebersihan badan dan tangan, dll harus tetap dipenuhi dalam rangka menghin dari penyakit dan kemungkinan tertular virus Covid 19. Kesenjangan pendapatan dan pengeluaran yang terjadi, tentu akan menimbulkan kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan individu dan keluarga.

Verni Juita SE, MComm (Adv) AK, dan Dr Rita Rahayu Msi, pembicara webiner kegiatan pengabdian masyarakat

Untuk membantu permasalahan tersebut di masyarakat, maka para Dosen Jurusan Akuntansi Universitas Andalas melaksanakan webinar dengan Topik“Pengelolaan keuangan keluarga dan Pribadi Pada masa Pandemi”. Topik Webinar tersebut dihantarkan oleh Pembicara pertama Dr Rita RahayuMsi, AK yang secara spesifik memberikan gambaran bagaimana mengelola dan merencanakan keuangan pribadi dan keluargasecarabijak, sehingga mampu mengatasi kesulitan keuangan di masa-masa sulit.

Sementara pembicara kedua Verni Juita SE, MComm(Adv)AK, mengajak peserta untuk lebih jeli melihat peluang pendapatan dan usaha yang sebenarnya bisa disiasati selama masa Pandemi. Kombinasi  perencanaan pengelolaan keuangan yang baik dan kemungkinan adanya pendapatan tambahan diharapkan tidak hanya mampu memberikan jalan keluar dari  kesulitan keuangan di masa pandemic akantetapi juga secara Jangka Panjang.

Dijelaskan Verni Juita solusi untuk pengelolaan keuangan keluarga semasa Pandemi Covid-19 adalah  1. mengalokasikan uang yang dimiliki ke beberapa bagian yaitu : investasi, tabungan dan dana darurat. sehingga uang yang dimiliki lebih jelas perencanaan penggunaannya dan bs disiplin dengan hanya menggunakan uang sesuai dengan alokasinya 2. Mengingatkan bahwa dalam setiap pendapatan yang diterima jangan lupa diinvestasikan/ di tabung 3. Dengan melakukan pencatatan, sehingga jelas uang digunakan untuk apa saja, sebagai acuan ke depannya diperbaiki jika terlalu boros

4. solusi untuk perencanaan keuangan di masa pandemi adalah dengan melihat dan mencari peluang pendapatan tambahan dengan adanya kondisi saat ini, bisa dengan atau tanpa memanfaatkan tekhnologi digital


Acara ini disambut dengan anstusiasme yang sangatbaik oleh para peserta dengan banyak nyaragam pertanyaan yang masuk mulai dari pertanyaan mengenai bagai mana sebaiknya memilih investasi, peluangusaha yang mungkin terbuka bagi mahasiswa sampai kepada pertanyaan mengenai penghitungan perencanaan keuangan untuk kebutuhan Kesehatan bagi orang dengan usial anjut. Diskusi berlansung dengan meriah selama 2.5 jam dengan harapan akan ada kegiatan lanjutan mengenai topik ini bagi kelompok masyarakat lainnya. Di akhir acara salah satu dosen senior Jurusan Akuntansi Prof. Dr Eddy R. Rasyid menyampaikan apresiasinya dan menilai bahwa kegiatanin sangat bermanfaat bagi masyarakat umum. Beliau juga memberikan saran untuk mengadakan kegiatan-kegiatan serupa yang akan membantu masyarakat melalui masa sulit Pandemi ini denganlebihbaik. (02)

Balang

LEAVE A REPLY

− 3 = 3