PadangTIME.com – Imbas dari penghentian sementara penerbangan international oleh Kerajaan Arab Saudi karena peningkatan kasus terpapar positif dan kasus baru Covid-19, sejumlah penerbangan terpaksa dihentikan. Termasuk Jamaah Umrah asal Indonesia yang menggunakan Garuda Indonesia dan siap berangkat hari ini terpaksa dibatalkan.

“PT Garuda Indonesia memberitahukan bahwa untuk penumpang GA 9802 / 21 Desember 2020 dari JAKARTA tujuan JEDDAH mengalami pembatalan jadwal keberangkatan dikarenakan alasan Restriksi dari Kerajaan Saudi Arabia. Demi kelancaran perjalanan Anda silahkan menghubungi petugas kami dengan senang hati akan membantu Anda,” tulis pemberitahuan pembatalan penerbangan oleh pihak Garuda Indonesia, pada Senin (21/12/2020).

Sementara itu, sejumlah Jamaah Umrah asal Indonesia yang sudah siap berangkat dan menunggu di hotel dekat Bandara Soekarno Hatta terpaksa gagal berangkat walaupun sudah melakukan karantina dan swab test.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan bahwa semua penerbangan penumpang internasional selama satu minggu dihentikan yang bersifat sementara dan memungkinkan dapat diperpanjang pada minggu berikutnya, dengan pengecualian penerbangan asing yang saat ini berada di wilayah Kerajaan yang masih diizinkan untuk terbang.

Dilansir Xinhua, Senin (21/12/2020), sumber resmi Kementerian Dalam Negeri Saudi mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan sebagai tanggapan atas munculnya jenis virus baru yang kuat di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Penangguhan ini juga berlaku untuk pintu masuk ke Kerajaan melalui darat dan laut untuk jangka waktu satu minggu, yang dapat diperpanjang pada minggu berikutnya.

Kemenkes Saudi terus mengamati informasi medis tentang sifat virus ini hingga menjadi jelas, sebagai tindakan untuk melindungi kesehatan dan menjamin keamanan masyarakat. (nzpt)

Balang

LEAVE A REPLY