Inovasi Baru, Disdukcapil Agam Launching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el

0
261
PadangTIME.com | Komitmen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terlihat semakin nyata.
Ini dibuktikan dengan pelaksanaan berbagai program. Salah satunya Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun, di halaman kantor Disdukcapil Agam, Sabtu (6/8).
Kepala Disdukcapil Agam menyebut program dapat  merekam warga yang sudah mencapai usia 17 tahun.
Khusus hari ini katanya, disepakati untuk 10 SMA sederajat dengan jumlah pelajar yang akan direkam sekitar 400 orang.
“Perekaman ini dibagi dua sif, pagi dan siang dengan melibatkan 16 petugas operator,” ujarnya.
Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el ini akan berlanjut hingga akhir 2022, dengan cara mendatangi langsung sekolah-sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
“Tidak hanya perekaman KTP-el, tapi kita juga layani Adminduk lainnya melalui program keliling atau lebih dikenal Jemput Bola (Jebol),” sebutnya.
Program ini dilaksanakan Sabtu dan Minggu atau hari libur kerja, karena ia tidak ingin layanan harian di Disdukcapil terganggu, belum lagi keterbatasan peralatan.
Ia menjelaskan, dalam perekaman ini ada beberapa peralatan di kecamatan sudah rusak, sehingga pihaknya bentuk aplikasi Sistem Informasi Layanan Elektronik Terintegrasi secara Online (SILETON).
“Melalui aplikasi ini masyarakat tidak harus datang ke Disdukcapil untuk mengurus Adminduknya, tapi bisa di nagari masing-masing,” terang Helton.
Kepala Disdukcapil Sumbar, Besri Rahmad mengapresiasi Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el yang digagas Disdukcapil Agam tersebut.
“Untuk provinsi jumlah penduduk sesuai data konsolidasi bersih yang dirilis akhir Juli 2022 sebanyak 5.624.147 jiwa, sedangkan penduduk Agam sebanyak 525.125 jiwa,” jelasnya saat melaunching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el itu.
Menurutnya, selain menjadi kebutuhan untuk bepergian dan sekolah, adminduk juga dibutuhkan dalam menggunakan hak suaranya ketika Pemilu.
Tahun 2024 nanti akan ada pesta demokrasi dan bagaimana warga negara yang sudah berusia 17 tahun bisa terdata, untuk menggunakan hak suaranya ketika pemilu nanti.
Launching Pekan Pelayanan Perekaman KTP-el ini turut dihadiri Bupati Agam diwakili staf ahli, Aryati, wali nagari dan tokoh masyarakat.
(pt/rh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini