Info Untuk Warga Pesisir Selatan, KTP Elektronik Kini Sudah Tersedia Dalam Bentuk KTP Digital

0
289
Padang TIME  | Kabar gembira bagi masyarakat, dimana saat ini KTP Elektronik sudah tersedia dalam bentuk KTP Digital. Terkait hal itu, maka masyarakat bisa menguduh di Playstore Aplikasi Indentitas Kependudukan Digital. Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman Dt.Tigo Lareh, Senin (9/1) di Painan.
Dijelaskan, ada beberapa manfaat KTP Digital.
Antara lain, akses data  verifikasi dan validasi data penduduk yang menerima Bansos.

Selanjutnya dijelaskan bahwa Verifikasi dan validasi penerima bantuan UMKM, pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, serta sektor lainnya sehingga lebih akurat dan tepat sasaran.

Dengan sistem keamanan yang canggih, identitas kependudukan digital sulit untuk dipalsukan, dicuri ataupun hilang jika dibandingkan dengan identitas maupun dokumen kependudukan pencatatan sipil manual.

Identitas digital dilengkapi dengan sejumlah pengaman dan tidak bisa diprint atau discreen shoot agar tidak disalahgunakan pihak lain. Identitas digital itu nantinya akan diberlakukan bagi seluruh warga yang memiliki ponsel pintar. Meski demikian KTP fisik masih tetap berlaku.

Permendagri  Nomor 109 Tahun 2019 menyatakan bahwa semua dokumen kependudukan sudah menggunakan kertas putih HVS A4 80 gram dan bisa dicetak secara mandiri di rumah kecuali KTP Elektronik dan Kartu Identitas Anak.

Saat ini dokumen kependudukan sudah menggunakan tanda tangan elektronik dan tidak perlu dilegalisir.

Data kependudukan juga sudah terkoneksi dengan banyak lembaga. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini