Indonesia Menjadi Negara Dengan Nilai Transaksi Ekonomi Digital Tertinggi di Asia Tenggara

887
PadangTIME.com – Peran teknelogi digital menjadi langkah utama untuk membangkitkan perekonomian nasional, bahkan potensinya tembus USD44 miliar di Indonesia. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, Rudi Salahuddin mengungkapkan bahwa saat kondisi seperti ini, ekonomi digital punya andil penting.

Hasil dari Google Tematik Company di 2020 menyatakan bahwa Indonesia sejatinya telah menjadi negara dengan nilai transaksi ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara sebesar USD44 miliar.

“Bahkan pada 2025 diprediksi mampu mencapai USD124 miliar dalam hal ini didukung oleh kontribusi e-commerce Indonesia yang bisa menembus USD32 miliar di tahun ini dan diperkirakan dapat mencapai USD83 miliar di tahun 2025 nanti,” kata Rudi, Selasa (15/12/2020).

Rudi menjelaskan, besarnya potensi ekonomi digital di Indonesia juga dapat dilihat dari penetrasi internet tahun ini yang hampir menjangkau 200 juta orang. Sementara itu, traffic internet juga mengalami kenaikan sekitar 15%-20%.

“Ada kenaikan sebesar 37% konsumen baru di ekonomi digital pasca Covid-19 di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 93% diantaranya akan tetap memanfaatkan produk ekonomi digital meski pandemi usai nantinya,” paparnya.

Dia menambahkan, komponen belanja Pemerintah tetap menjadi daya topang utama. “Kita patut bersyukur sektor pertanian dan informasi komunikasi masih menunjukkan angka yang positif,” tandas Rudi.

Balang

LEAVE A REPLY