Home Internasional Illumina Luncurkan Tes Riset Untul Menghasilkan Analisis tentang Genom Tumor

Illumina Luncurkan Tes Riset Untul Menghasilkan Analisis tentang Genom Tumor

0
Illumina, Inc. (NASDAQ: ILMN), pemimpin global dalam sekuens DNA dan teknologi yang berbasiskan susunan genom (array-based technology), hari ini meluncurkan tes riset (research test) yang dikembangkan bersama Merck (dikenal sebagai MSD di luar Amerika Serikat dan Kanada).
Tes riset ini mengacu pada komitmen Illumina dalam mendukung penelitian profil genom secara lengkap, dan meningkatkan riset penting yang mewujudkan pengobatan presisi (precision medicine) dalam onkologi.
Tes ini juga menambahkan asesmen ciri genom baru (genomic signature) pada alat uji klinik TruSigh  Oncology 500 yang telah beredar dan menjadi pemimpin pasar. Tes riset ini akan tersedia secara global, kecuali Amerika Serikat dan Jepang, dan membantu peneliti menganalisis genom tumor secara lebih mendalam.
Analisis ini dilakukan dengan mengidentifikasi identifikasi genetik yang digunakan dalam evaluasi defisiensi rekombinasi homolog (HRD).
“Status HRD telah berkembang sebagai penanda biologis (biomarker) penting pada tumor dengan kerusakan DNA yang tinggi, seperti kanker ovarium, payudara, prostat, dan pankreas,” ujar Phil Febbo, MD, Chief Medical Officer, Illumina.
“Dengan satu sampel dan satu tes, alat uji TruSight Oncology 500 HRD menyediakan hasil lengkap, akurat, sensitif bagi laboratorium sehingga meningkatkan pemahaman kita tentang ciri genom dari sebuah tumor.”
Alat uji Research Use Only TruSight Oncology 500 HRD adalah alat uji yang berbasiskan sekuens generasi baru (next-generation sequencing/NGS).
Alat uji ini memanfaatkan keunggulan teknologi Illumina NGS dan teknologi HRG yang telah teruji dari Myriad Genetics (NASDAQ: MYGN).
Dengan alat uji ini, laboratorium mendeteksi instabilitas genom secara akurat dan menganalisis lebih dari 500 gen secara simultan, termasuk gen yang relevan dengan status HRD.
HRD merupakan ciri genom (genomic signature) yang menunjukkan sel tubuh tidak mampu memperbaiki kerusakan dua untaian DNA (double-stranded DNA break). Ketika hal ini terjadi, sel mengandalkan mekanisme perbaikan DNA alternatif yang rentan terhadap kekeliruan sehingga dapat mengakibatkan instabilitas genom, dan pada akhirnya, pembentukan tumor.
Tujuannya, membandingkan hasil purwarupa alat uji TSO 500 HRD buatan Illumina dengan standar rujukan yang telah teruji, dari Myriad Genetics.
“Institusi kami gembira atas peluncuran TruSight Oncology 500 HRD. Kami juga sangat senang atas temuan kami dari program akses awal tersebut,” kata Nicole Pfarr, Head, Molecular Pathology Diagnostic Unit, Technische Universität München.
“Kami ingin menggunakan alat uji ini secara rutin di laboratorium dalam proyek mendatang. Perpaduan asesmen HRD dengan TruSight Oncology 500 dalam satu alur kerja akan mewujudkan potensi analisis terlengkap atas genom tumor, sekaligus mempertahankan efisiensi di laboratorium.”
Studi dengan kohor berjumlah banyak menunjukkan, comprehensive genomic profiling (CGP) berpotensi mengidentifikasi perubahan gen yang relevan pada hingga 90% sampel. Satu alat uji yang lengkap dan menilai berbagai jenis penanda biologis hanya membutuhkan sedikit sampel, serta mendatangkan hasil yang lebih cepat ketimbang multipel tes dan iteratif.
Dengan demikian, laboratorium dari segala skala dapat menawarkan tes canggih tersebut.
Alat uji ini akan memajukan riset klinis dan memperluas akses uji klinis,” kata Dr. Eric H. Rubin, Senior Vice PresidentEarly-stage DevelopmentClinical Oncology, Merck Research Laboratories.
Tes riset ini akan tersedia secara global (kecuali Amerika Serikat dan Jepang) pada Agustus mendatang.
Tes HRD ini akan mengidentifikasi kanker ovarium dengan status HRD positif.
Tujuan bersamanya adalah mengembangkan diagnostik kanker dan pengobatan presisi.
(pt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version