Padang TIME.com-Pasaman Barat –Dengan maraknya informasi yang beredar pada media sosial yang belum pasti kebenarannya atau berita Hoax, Menyikapi hal tersebut, Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Pasaman Barat mengadakan kegiatan sosialisasi terkait Berita Hoaks dan Ancaman UU ITE di SMA N 1 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (8/2/20).

Acara Sosialisasi ini dihadiri lebih dari 60 siswa/i SMA N 1 Pasaman tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perigatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Kepala sekolah SMAN 1 Pasaman Hosen melalui Wakasek Bidang Humas, Asman mengatakan, siswa harus mampu memilah rangkaian informasi yang bisa menyesatkan, saat ini rata-rata pengguna sosial akan tertarik bila melihat adanya informasi baru, namun kebenaran informasi tersebut belum dapat dibuktikan.

“Hati-hati terhadap status atau judul suatu informasi di media sosial, harap teliti, cemati dan pahami dulu sebelum di sharenya,” jelasnya.

Ketua AJO Pasbar, M Fadli Nasution pada kesempatan itu mengatakan, selama ini masyarakat cenderung mempercayai dan membagikan (share) postingan di media sosial tanpa mencari tahu terhadap kebenaran informasi tersebut.

“Kebiasaan ini lah yang kita kwatirkan, karena setiap orang yang menyebarkan berita bohong atau hoaks bisa saja tersandung UU ITE. Apalagi yang disebarkan merupakan informasi yang mungkin mencemarkan nama baik orang lain,” katanya.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Fadli menghimbau seluruh siswa menjadi agen perubahan di tengah masyarakat, dengan cara tidak mudah percaya dengan berita yang tidak memiliki sumber yang jelas dan Pasti.

“Melalui kegiatan ini kita berharap agar generasi kita ke depan tidak lagi terjerat dengan berita-berita hoaks dan terhindar dari UU ITE,” harapnya.

Sementara Andika Adi Sahputra, salah satu anggota pengawas di AJO Pasbar yang juga sebagai wartawan TVRI Sumbar saat menyampaikan materi mengatakan bahwa sosialisasi ini khusus ditujukan kepada siswa/i agar mempergunakan alat komunikasinya untuk informasi yang positif.

Menurutnya hoax berdasarkan Kamus besar Bahasa Indonesia Hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber, yakni informasi yang terlihat benar, tetapi dibuat seolah-olah benar.

Dikatakannya, sosialisasi ini untuk mengenalkan kepada peserta bagaimana mengantisipasi penyebaran hoax dan bagaimana menyikapinya serta mencegah agar hoax tersebut tidak menyebar. (DE)

Balang

LEAVE A REPLY