ad
PadangTIME.com – Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Peribahasa yang tepat untuk kamu yang sudah melewati ujian kenaikan kelas. Setelah ujian, ada waktu untuk bersenang-senang selama libur kenaikan kelas. Tetapi, melihat penambahan kasus Covid-19, sebaiknya kita menahan diri untuk tidak berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. 
Jangan sedih, masih ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan di rumah saja selama libur kenaikan kelas. Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan sekaligus bermanfaat. 
Bisa mengisi waktu luang kamu di hari libur panjang yang paling dinantikan anak sekolah! Ada apa saja sih? Yuk, kita simak! Menonton film atau series kesukaan jadi jago bahasa asing Terkadang banyaknya tugas dan ulangan dari sekolah membuat kita terlewat berbagai acara TV atau film kesukaan.
Liburan bisa menjadi salah satu waktu kamu untuk menonton film atau serial-serial. Tetapi jangan sampai terlalu asyik menonton hingga lupa waktu untuk istirahat ya! Selain menonton, kamu juga bisa belajar bahasa asing dari film kesukaan kamu, lo! Contohnya dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. 
Lakukan hobi untuk mengasah kemampuan non akademik Terdapat beragam jenis hobi antara lain kesenian, olahraga, memasak, dan lain sebagainya. Hobi merupakan suatu kegiatan rekreasi di waktu luang untuk melepas penat. 
Setelah mengejar prestasi akademik selama di sekolah, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan kegiatan non akademik. Salah satunya adalah dengan menyalurkan hobi, dengan begitu kamu juga bisa mengembangkan bakat dan kemampuan yang kamu punya. Bahkan saat ini hobi tersebut bisa kamu salurkan menjadi konten-konten di media sosial. 
Jadi, apa hobimu? Apa pun hobinya, usahakan untuk tetap lakukan di rumah saja ya! Melatih otak dengan bermain board game bersama keluarga Bermain tentu menjadi hal menyenangkan untuk mengusir rasa bosan bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
 Board game bisa menjadi salah satu alternatifnya, contohnya seperti bermain monopoli, ular tangga, atau kartu uno. Sekarang banyak variasi board game yang bisa kamu mainkan. Kegiatan bermain ini ternyata juga bisa membuat ikatan dengan keluarga semakin erat. Selain itu, bermain board game juga dapat melatih kinerja otak, karena melalui permainan tersebut otak terstimulasi untuk berpikir secara kompleks dan membentuk memori.
 Tentunya dengan begitu, kemampuan kognitif menjadi terasah melalui pemecahan masalah dan pengambilan keputusan selama bermain. 
Belajar berpikir kreatif dengan membuat kerajinan tangan Banyak kerajinan tangan di kanal Youtube yang bisa kamu tiru. Contohnya seperti membuat gantungan kunci, menyulam, atau membuat benda lain yang berguna. 
Barang bekas pun bisa kamu sulap menjadi wadah, pajangan, atau koleksi. Ternyata melakukan kegiatan ini bisa meningkatkan kreativitasmu, lo! Kreativitas yang tinggi ini dapat melatih untuk menggunakan ide-ide baru dalam memecahkan masalah yang tidak terduga nantinya. 
Menambah wawasan baru dari artikel atau buku Buku adalah jendela dunia. Kamu bisa membaca untuk mengisi waktu luang. 
Selain itu, membaca dapat meningkatkan literasi serta fungsi otak. Tak harus buku pengetahuan, buku fiksi pun bisa menjadi salah satu pilihannya. Bila belum terbiasa membaca buku yang tebal, kamu bisa memulainya dengan membaca artikel. Ada blog dari Ruangguru yang bisa kamu akses untuk membaca fakta-fakta menarik. Liburan jadi dapat pengetahuan baru deh! Yuk, kunjungii www.ruangguru.com/blog!
Corporate Communications Ruangguru
● Anggini Setiawan
Head of Corporate Communication Ruangguru
● Rananggana Rayidhea
Media Contact
rananggana@ruangguru.com   
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here