Helmi Moesim : Pemko Padang harus Benahi Drainase untuk atasi Banjir

446

PadangTIME.com – Anggota Komisi III DPRD Padang, Helmi Moesim mengatakan penyebab terjadinya banjir di beberapa titik di KOta Padang adalah, karena drainase yang tak jalan, tersumbat oleh sampah, dangkal. KOndisi ini juga diperparah dengan rendah kondisi drainase dan sendimen drainasenya telah penuh, sehingga air yang datang tak mampu mengaliri air.

Dengan begitu, Helmi meminta Dinas PUPR untuk membenahi drainase yang tidak layak. Sehingga masalah banjir tak lagi dialami warga dan kerugian materi dan bangunan juga tak dialami masyarakat. Apalagi sekarang pandemi Covid-19 masih melanda daerah ini.“Kita meminta PUPR untuk dapat memperbaikinya, sebab dananya kan telah dianggarkan,” ujar kader Berkarya ini, Kamis (10/9).

Ia mengatakan, dalam pembenahan dan pembangunan drainase yang dilakukan itu, kajian dan konsepnya harus matang dibuat. Supaya air mengalir dengan lancar dan genangan tak lagi terlihat.

“Kita menilai saat ini, banyak drainase yang dibangun PUPR kondisinya asal jadi atau cepat selesai saja. Seperti tak imbang antara ujung dengan bagian tengah bangunannya, sehingga air yang masuk tak lancar alirannya turun. Kita meminta hal ini diperbaiki,” ucap Helmi.

Selanjutnya terang Helmi, soal sendimen yang bertumpuk, Dinas PUPR harus lakukan pengerukan, agar air kembali mengalir lancar, sehingga banjir tidak terjadi. “Pengerukan sendimen jangan 1 kali 20 tahun dilakukan, namun harus berkala seperti tiga bulan sekali,” paparnya.(red)

Balang

LEAVE A REPLY