Harga Rumah di Jakarta Ternyata Lebih Mahal dari New York dan London, Kenapa ya?

0
246
ad
Padang TIME – Riset ‘World Bank Time To Act 2019’ yang dikutip Jakarta Property Institute (JPI) menunjukkan bahwa Jakarta merupakan tempat dengan harga rumah termahal di dunia.
Penelitian tersebut menggunakan rasio perhitungan harga rumah terhadap pendapatan (income) penduduk.
Mahalnya rumah Jakarta bahkan mengungguli kota megapolitan dunia lainnya yang identik dengan gaya dan biaya hidup selangit seperti London, Singapura, bahkan New York!
Adapun kota yang menempati peringkat harga rumah tertinggi di dunia ditempati oleh Shenzhen yang disusul Hong Kong, Taipei, dan Beijing di posisi 4 besar.
Mengapa Harga Rumah di Jakarta Semahal Itu? Menurut Executive Director Jakarta Property Institute Wendy Haryanto, mengatakan bahwa salah satu faktor harga rumah di Jakarta mahal dipengaruhi oleh birokrasi yang rumit dan berbelit.
“Ongkos birokrasi tinggi ini yang menyebabkan harga rumah demikian mahal dan terus naik,” kata Wendy dalam sebuah konferensi press virtual dikutip oleh MNC Portal Indonesia, Kamis (26/8/2021).
Ia menjelaskan bahwa ongkos birokrasi yang dimaksud adalah seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sulitnya akses terkait kemudahan berbisnis (ease of doing business).
Wanita yang telah berpengalaman selama kurang lebih 30 tahun di dunia properti tersebut mengungkapkan bahwa harga rumah menjadi mahal karena developer atau pengembang harus membayar kompensasi yang tinggi, yang secara otomatis mempengaruhi harga jual.
“Jika para pengembang ingin memenuhi kebutuhan pasar dengan membangun properti tertentu, mereka harus membayar kompensasi dengan harga tinggi,” imbuh Wendy.
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here