Harga Kebutuhan Pokok Pasca Setelah Lebaran di Pesisir Selatan Masih Stabil

0
2676
Padang TIME | Memasuki enam hari pasca lebaran berbagai kebutuhan pokok di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih stabil dan mencukupi.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Pessel, Firdaus, Kamis (27/4) di Painan.
Dijelaskannya bahwa untuk menjaga dan menjamin ketersediaan pangan di masyarakat, dilayani melalui petugas terus melakukan pemantauan di lapangan dan juga pada semua pasar tradisional yang ada.
 
“Pemantauan terhadap berbagai kebutuhan bahan pokok itu kita lakukan untuk mengantisipasi kelangkaan dan berguna harga pasca lebaran. Namun berdasarkan pantauan yang dilakukan petugas di lapangan, berbagai kebutuhan pokok masih stabil dan mencukupi,” katanya.
Dia juga menyampaikan bila ada kekhawatiran terhadap kelangkaan kebutuhan pokok dan melonjaknya harga pasar yang terjadi, tidak menutup kemungkinan pasar murah akan digelar kembali melalui koordinasi pihak terkait.
“Namun hingga saat ini berbagai kebutuhan pokok terpantau masih dalam kondisi normal, dan juga mencukupi di daerah ini,” ungkapnya.
Ditambahkan lagi bahwa selain pemantauan terhadap ketersediaan berbagai kebutuhan pangan, permintaan dari jauh hari juga telah melakukan motivasi kepada masyarakat melalui pemerintahan nagari (Pemnag) untuk memperbanyak Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).
“Ini kami sampaikan, sebab dengan berfungsinya LPM dan LDPM, maka hasil panen dalam daerah terutama beras, akan tetap tersedia. Di saat terjadi penderitaan harga akibat menipisnya stok pangan, masyarakat Pessel tidak perlu kuatir, karena stok masih tersedia pada LPM dan LDPM yang ada ,” tutup Firdaus. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini