Gubernur Irwan Prayitno Saksikan Gerhana Matahari di Masjid Raya Sumbar

336

PadangTIME.com — Selesai sholat gerhana, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyempatkan diri untuk menyaksikan secara langsung Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Masjid Raya Sumbar, Minggu (21/6/2020).

Setelah puas melihat gerhana matahari melalui teleskop, Irwan Prayitno langsung bergabung bersama warga dan mengajak untuk bersama-sama menyaksikan fenomena alam tersebut.

Kepada masyarakat, ia juga menyampaikan untuk tidak melihat langsung Gerhana Matahari dengan mata telanjang, tetapi agar menggunakan kaca mata khusus untuk melihat gerhana.

“Walaupun kita melihat sinarnya tertutup awan, namun kita tetap menggunakan teleskop khusus pakai filter,” katanya.

Menurutnya Gerhana Matahari Cincin kali ini dapat disaksikan di 431 kota dan kabupaten yang ada di 31 provinsi di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, fenomena tersebut juga dapat dilihat di sebagian wilayah Eropa Selatan, Australia Utara, Afrika, Pasifik, dan Samudera Hindia.

“Setidaknya, kita bisa menyaksikannya, walaupun sebentar,” ucap gibernur.

Dalam menyaksikan fenomenal Gerhana Matahari Cincin ini, Gubernur Sumbar mengatakan, sebagai manusia kita sangatlah kecil, jangan sombong. Ambil hikmahnya dari GMC ini.

“Kuatkan iman kepada Allah, jauhi semua laranganNya. Dengan melaksanakan semua ajaran dari Rasullullah Muhammad SAW. Termasuk tadi kita telah menjalani sholat gerhana,” imbuhnya.

Ikut hadir mendampingi Gubernur Sumbar dalam menyaksikan GMC di Masjid Raya yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar H. Hendri dan Ketua Pimpinan Wilayah (DPW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Barat Prof Duski Samad.

BIRO HUMAS SETDA SUMBAR

Balang

LEAVE A REPLY