GTPP Dirikan Posko Pemeriksaan Pembatasan Selektif Covid-19 Di Perbatasan Kecamatan Koto XI Tarusan.

775
Metro Padang.com-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan mendirikan Posko Pemeriksaan Pembatasan Selektif Covid-19 di perbatasan Kecamatan Koto XI Tarusan dengan Kecamatan Bayang.
“Hari ini kita bangun satu posko di Nagari Api-Api Pasar Baru Kecamatan Bayang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Koto XI Tarusan,”ujar Dailipal di Painan pada Selasa (21/4) selaku Sekretaris GTPP Covid-19 Pesisir Selatan.
Menurut Dailipal hal tersebut menyusul penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dimulai esok hari 22 April 2020.
Adapun pelaksanaan difokuskan pada kecamatan tersebut, dikarenakan adanya dugaan transmisi lokal penyebaran Covid-19 di Kecamatan Koto XI Tarusan.
“Mulai  besok setiap kendaraan yang masuk akan diperiksa oleh petugas, sesuai dengan penerapan PSBB. Kita fokus di Kecamatan Koto XI Tarusan karena sudah masuk Zona Merah,” terangnya.
Dailipal menjelaskan terdapat sejumlah kriteria bagi pengendara yang diizinkan  melewati posko diantaranya, yakni Pelintas seperti dari kota Padang hendak ke Bayang, tanpa singgah di Kecamatan Koto XI Tarusan atau sebaliknya.
Selain itu, juga pihaknya masih mengizinkan kendaraan pengangkut logistik, dan bagi masyarakat yang memiliki keperluan mendesak seperti berobat ke luar.
“Setiap pengendara yang melintas, baik yang masuk  ataupun yang keluar dari Kecamatan Koto XI Tarusan akan ditanyai oleh petugas tujuannya. Dan kendaraan baik roda 2 dan roda 4 harus menerapkan aturan PSBB,” jelasnya.
Di Posko pemeriksaan nantinya juga akan diperkuat dengan personil gabungan dari Polri, Dinas Perhubungan, Pol-PP dan BPBD.
“Ada 13 Personil gabungan yang kita tempatkan khusus untuk posko yang di Api-Api. Sementara di posko perbatasan dengan Kota Padang yang juga berbatasan dengan Kecamatan Koto XI Tarusan, akan kita tambah personil untuk pemeriksaan,” imbuh Dailipal.
Sesuai dengan penerapan PSBB, pendirian posko tersebut juga akan berlangsung selama 14 Hari dan akan dievaluasi ke depannya.
“ Kami sangat berharap kerjasama dari masyarakat, agar jujur kepada para petugas terkait data yang disampaikan, sebab dengan demikian ini bisa menjadi langkah awal dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pesisir Selatan,” harapnya. (PT/Ko PSS)
Balang

LEAVE A REPLY

− 4 = 2