Forum Anak Agam Sampaikan Aspirasi Anak di Musrenbang Kabupaten

0
365
ads
Padang TIME, Forum Anak (FA) Kabupaten Agam menyampaikan pandangan dan aspirasi suara anak di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kabupaten itu, Rabu (23/3).
Pada musyawarah yang digelar di Aula Bappeda Kabupaten Agam itu, Koordinator Program Development FA Kabupaten Agam, Derbi Maiza Warman berkesempatan mewakili anak-anak untuk menyampaikan aspirasi mereka.
Disampaikan Derbi usai Musrenbang, setidaknya ada lima usulan yang ditumpangkan anak-anak dalam Musrenbang tingkat kabupaten.
Menurutnya usulan-usalan yang disampaikan sangat erat kaitannya dengan pemenuhan hak-hak anak.
“Usulan kami yang pertama, adanya dianggarkan dan difasilitasinya kegiatan Forum Anak di tingkat kecamatan dan nagari,” ujarnya.
Menurutnya, anggaran itu dibutuhkan agar FA dapat melakukan kegiatan-kegiatan dalam pemenuhan hak dan partisipasi anak di kecamatan dan nagari.
“Seperti, di setiap kecamatan dan nagari kami bisa melakukan kongres anak sebagai sarana penyaluran aspirasi dan pengembangan diri anak,” katanya.
Usulan kedua, FA Kabupaten Agam berharap tersedianya pelayanan yang ramah anak dengan disediakannya ruang tunggu ramah anak yang ada di Kabupaten Agam
Ketiga, pembangunan fasilitas di ruang publik untuk membantu kaum disabilitas. Seperti jalan melereng di tempat umum agar pemakai kursi roda bisa lebih nyaman.
FA Kabupaten Agam juga mendorong pembentukan satgas dalam pengawasan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di daerah itu.
Terakhir, kaum anak berharap diperbanyak tempat untuk mereka melatih dan mengembangkan kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat anak.
Tujuannya kata Derbi, adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan anak.
“Membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran dan itu juga berarti juga meningkatkan kepekaan penginderaan pada diri anak,” terangnya.  (rh/pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini