Fakta Unik ‘Janda Bolong’ Tanaman Hias yang Harganya Sampai Puluhan Juta

0
4382
ad
PadangTIME – Tanaman hias janda bolong  tanaman hias ini memiliki 2 warna harga tanaman hias janda bolong bisa melebihi harga sepeda Brompton yang sedang trend.
Harganya mulai Rp 50 juta bahkan ada Janda Bolong yang laku dengan angka Rp 100 juta atau seharaga 1 unit mobil Toyota Agya atau Daihatsu Ayla.

Monstera adalah tanaman tropis dari keluarga Araceae, keluarga Aroid

bebi

Tanaman tersebut termasuk dalam satu dari sedikit Aroid yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, terutama Monstera deliciosa, meskipun mereka jarang berbunga atau menghasilkan buah yang dapat dimakan.

Tanaman Monstera atau yang kerap disebut Janda Bolong ini merupakan spesies tanaman merambat tropis atau semak asli dari Amerika Tengah tanaman hias yang memiliki nama latin Monstera Adansonii Variegated ini diberi nama Janda Bolong karena daunnya yang bolong Monstera terkenal dengan adanya lubang daun alami yang dijuluki Swiss Cheese Plant.

Dua spesies Monstera yang dibudidayakan sebagai tanaman hias adalah Monstera deliciosa dan Monstera adansonii.
fakta Bunga Janda Bolong:
  • Penemuan
Janda Bolong ditemukan pertama kali oleh ahli botani asal Prancis bernama Charles Plumier pada tahun 1963 meskipun sebenarnya tanaman ini telah dikenal lebih lama oleh masyarakat Amerika Tengah.
  • Cara perawatan
Tanaman berjenis Monstera ini cenderung lebih mudah dirawat dengan kondisi cahaya yang minim dan 1-2 kali penyiraman dalam satu minggu, tanaman ini tetap bisa berkembang dengan baik.
Tanaman ini berkembang dalam cahaya tidak langsung cerah hingga sedang. Jadi, tidak cocok untuk sinar matahari langsung dan intens. Jika Monstera diberi terlalu banyak sinar matahari, daunnya akan menguning. Jika dibiarkan dalam kegelapan, tanaman akan menunjukkan sesuatu yang disebut fototropisme negatif, di mana daun baru tumbuh menuju kegelapan, bukan cahaya.
  • Tahan Hama
Selain itu, Janda Bolong cenderung tangguh dari berbagai hama dan penyakit dan harus disimpan di lingkungan yang cukup lembab, misalnya kelembaban di ruangan normal. 65°F – 85°F (18°C – 30°C), yang terbaik adalah tidak membiarkannya di bawah suhu 60°F (15°C).
Siram tanaman dengan air yang cukup dan merata, seminggu sekali.
Tunggu sampai tanah cukup kering sebelum disiram lagi serta lakukan pemupukan selama pertumbuhan.
Untuk mengekang pertumbuhan yang berlebihan, pangkas secara teratur dengan menjepit pertumbuhan baru.
  • Manfaatnya
Tak hanya enak dipandang, Janda Bolong juga memiliki manfaat lain.
Tanaman ini sangat efektif untuk membersihkan hingga menurunkan polusi udara yang ada di dalam rumah.
Manfaat tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh NASA pada tahun 1980-an terkait tanaman yang juga berguna untuk membersihkan udara.
  • Harga Daunnya Per Lembar Yang Mahal
Janda Bolong memiliki harga fantastis. Setidaknya, ada tiga jenis tanaman Janda Bolong yang memiliki harga fantastis dan sangat cocok untuk dijadikan investasi.
Harga per lembar daun dari tanaman Monstera Obliqua senilai Rp25 hingga Rp30 juta.
Harga per lembar daun dari Monstera Albo Variegata senilai Rp30 hingga 50 juta.
Sedangkan harga per lembar daun dari Monstera Mint dan Deliciosa senilai Rp50 juta.
Tanaman hias memang tidak hanya menambah nilai estetik ruangan tetapi juga membuat ruangan semakin sejuk. Selain itu, Janda Bolong juga merupakan investasi yang menggiurkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here