ad
PadangTIME
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/10/2021). Ia memulai sambutannya dengan sebuah pantun.
Pergi Ke Malang Naik Kereta
Keretanya Bersih dan Juga Nyaman
Untuk Mendukung Revolusi Pariwisata
Revitalisasi Toilet Wisata Harus Terus Dilakukan
“Hari ini saya sangat bahagia, tersentuh, bahwa program kita yang sudah kami jalankan dari awal tahun tentang Satgas Toilet Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.
Di Jawa Timur kata Sandiaga ada ‘Satgas Keeping Jatim Bisa’ ini turut serta dalam pemulihan pariwisata dan membantu pemerintah.
“Dengan inisiatif sendiri serta kemitraan dunia usaha hari ini kita resmikan yaitu toilet wisata Lembah Indah Kabupaten Malang. Di dua titik ini, toilet ini berbeda dengan toilet lainnya karena ramah disabilitas. Dan ini memberikan keberpihakan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan,” kata Sandiaga Uno.
Khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang mana masyarakat amat membutuhkan kunjungan wisatawan. Oleh karena itu pemerintah melalui Kemenparekraf RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menghadirkan satu kolaborasi apik ini.
“Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa. Tadi saya sudah coba langsung menggunakan toilet yang standar dan melihat langsung yang disabilitas. Yang disabilitas ini dirancang memang jauh lebih luas agar mobilitas para penyandang disabilitas ini dapat terakomodasi terutama saat mereka harus menggunakan fasilitas mandi,” ungkap Sandiaga Uno.
Lebih lanjut Sandiaga Uno mengapresiasi pembangunan toilet wisata tersebut yang menggunakan pendekatan humanis, karena sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2016. Bahwa aplikasi dari UU tersebut adalah akses infrastruktur yang berkeadilan untuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan khususnya dari kaum disabilitas. (pt/idx)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here