DPRD Sumbar Tetapkan Pimpinan Defenitif dan Fraksi-Fraksi masajabatan 2019 2024.

870

PadangTIME.com – DPRD Sumbar Rapat paripurna Penetapan pengumuman penetapan fraksi fraksi dan penetapan calon pimpinan Defenitif DPRD Sumbar masajabatan 2019 2024. Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Sumbar Sementara Desrio Putra . yang dihadiri oleh wakil Ketua Irsyad Safar, dari Pemprov Sumbar dihadiri oleh Aakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Pimpinan OPD dij ajaran Pemprov Sumbar, anggota Forkopimda dan undangan lainnya

Ketua DPRD Sumbar Sementara Desrio Putra mengatakan, meski telah resmi menjabat sebagai anggota DPRD yang merupakan pejabat daerah, namun penyelenggraan tugas, fungsi dan kewenangannya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, belum dapat berjalan sebagai mana mestinya, karena belum terbentuknya alat kelengkapan DPRD serta belum terbentuknya fraksi fraksi sebagai wadah berhimpunnya anggota DPRD.

Oleh sebab itu prioritas utama tugas pimpinan sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat, sebagaimanan diamanatkan dalam pasal 34 ayat 3 peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2018, adalah memfafsilitasi pembentukan fraksi fraksi dan memproses penetapan pimpinan DPRD defenitif.

Meskipun fraksi tidak merupakan alat kelengkapan DPRD, akan tetapi fraksi mempunyai peran yang strategis dalam pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang, terutama dalam penetapan keanggotaan alat kelengkapan DPRD Sumbar.

Oleh sebeb itu pembentukan fraksi perlu disegerakan agar DPRD dapat pula memproses pembentukan dan penetapan alat kelengkapan DPRD termasuk penetapan pimpinan defenitif DPRD.

Berdasarkan surat dari masing masing partai politik yang disampaikan kepada pimpinan sementara DPRD, nama nama fraksi DPRD provinsi Sumatera Barat masa jabatan 2019-2024, Fraksi Gerindra dengan jumlah anggota 14 orang, Fraksi Partai Keadilan sejahtera dengan jumlah anggota sebanyak 10 orang, Fraksi Partai Amanat Nasional dengan jumlah anggota sebanyak 10 orang, Frakksi Partai Demokrat dengan anggota sebanyak 10 orang, FraksiPartai Golkar dengan anggota sebanyak 8 orang, Fraksi PPP-NasDem merupakan fraksi gabungan dari PPP dan Partai NasDem dengan anggota sebnayak 7 orang, Fraksi PDI dan PKB merupakan Fraksi Gabungan dari PDI P dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan jumlah anggota sebanyak 6 orang.

Sementara untuk pimpinan fraksi , Fraksi Partai Gerindra Ketua Fraksi Hidayat, SS, MH, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Ketua Fraksi Drs. H. Nurfirman Wansyah, MM, Apt, Fraksi Partai Amanat Nasional Ketua Fraksi H. Dody Delvy SE, Fraksi Partai Demokrat Ketua Fraksi H Ismet Amzis SH, Fraksi Partai Golongan Karya Ketua Fraksi Ir H .Hendra Irwan Rahim,Fraksi PPP NasDem Ketua Fraksi Sawal Dt Putih SH, Fraksi PDI Perjuangan dan PKB Ketua Fraksi Alber Hendra Lukman, SE.

Komposisi Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat masa jabatan tahun 2019-2024, Ketua DPRD Supardi dari Partai Gerindra, Wakil wakil Ketua secara berurutan adalah H Irsyad Safar LC.M.Ed dari Partai Keadilan sejahtera, H Suwirpen Suib S.Sos dari Partai Demokrat dan H Indra Dt Rajo Lelo SH.MM dari Partai Amanat Nasional.

Dengan telah ditetapkannya calon pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat masa jabatan tahun 2019-2024, maka selanjutnya akan menyampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumaters Barat, untuk diresmikan pengangkatanya sebagai pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat masa jabatan 2019-2024. (tis)

Balang

LEAVE A REPLY