DPRD Padang Dukung Kegiatan Ibadah di Rumah

332
Padang TIME.com-DPRD Kota Padang meminta warga Kota Padang mengikuti anjuran yang telah disampaikan dalam surat edaran untuk melakukan ibadah seperti salat tarawih di rumah karena wabah covid-19.
“Terkait dengan pelaksanaan ibadah, terutama puasa Ramadan ini, Pemko Padang sudah membuat imbauan kepada masyarakat terhadap tata caranya di musim Covid-19,” kata Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry, Minggu (26/4/2020).
Menurutnya, dalam membuat imbauan tersebut, melibatkan semua pihak yang terkait, diantaranya adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama. “Dalam surat itu, isinya antara lain menganjurkan agar sholat terawih itu dilakukan dirumah masing-masing, tidak di masjid, jadi tidak kumpul-kumpul yang sifatnya berjamaah besar di masjid,” ujarnya.
“Ya, terkecuali untuk para pengurus masjid saja yang masih standby melaksanakan salat yang sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” tambahnya.
Terkait yang disampaikan kepada masyarakat, aktivitas ibadah atau keagamaan yang dapat berkumpulnya orang banyak, seperti salat wajib lima waktu, salat Tarawih dan salat Ied di masjid atau lapangan terbuka serta kegiatan keagamaan lainnya untuk dihindari., juga termasuk Salat Jumat yang diganti dengan salat Zuhur di rumah masing-masing.
Sementara, anggota DPRD Padang lainnya, Faisal Nasir menilai, berdasarkan atas kondisi tersebut, maka perlu diambil langkah-langkah yang dapat mencegah penyebaran virus Corona ini agar tidak meluas lagi. “Kami ingin agar keselamatan jiwa warga menjadi prioritas. Untuk itu, sesuai dengan Fatwa MUI, Forkopimda beserta elemen terkait memandang perlu terkait pelaksanaan kegiatan ibadah di rumah dan pembatasan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Penutupan pusat keramaian ini pun, kata dia, sudah ditindaklanjuti dengan menutup pusat perbelanjaan, restoran dan lain-lain. Ini adalah ikhtiar sebagai manusia. Para ulama di MUI juga sudah mengeluarkan fatwanya. Di Kota Padang, ini tertinggi jumlah positif maupun jumlah warga yang meninggal karena corona.

“Semoga kebijakan dan langkah-langkah ini implementasinya bisa berjalan dengan baik, diridhoi Allah SWT dan wabah Corona bisa segera berlalu,” harapnya.(02)
Balang

LEAVE A REPLY