DPRD Kota Padang Terima Kunjungan DPRD Kabupaten 50 Kota

215

PadangTIME.com – Rombongan Komisi I dan II DPRD Kabupaten 50 Kota diterima oleh anggota Komisi I DPRD Kota Padang ,Budi Syahrial dari Fraksi Gerindra didampingi oleh Elfauzi selaku Kasubag Humas Protokoler dan Publikasi DPRD Kota Padang.

H.Yos Sariadi S.Ag ,Ketua Komisi II DPRD 50 Kota dari Fraksi PKS selaku juru bicara rombongan menyampaikan, kedatangan mereka dalam rangka saling sharing informasi tentang fungsi pengawasan DPRD.

Dalam shering tersebut ada beberapa hal yang ditanyakan sebagai masukkan nantinya di DPRD Kabupaten 50 Kota. Antara lain, tentang pengawasan peningkatan PAD, penyunsunan Renja, recofusing anggaran, pembagian BLT, penanggulangan dana Covid-19, penetapan perwako dan Perda Kebencanaan.

Anggota Komisi I DPRD Padang Budi Syahrial, menyampaikan, untuk PAD, pertiga bulan pihaknya selalu melakukan kontrol dengan memanggil OPD berkaitan. Target PAD untuk setiap OPD harus mencapai 25 persen di triwulan pertama dan triwulan ke tiga harus mencapai 75 persen.

“ Budi Syahrial menjelaskan DPRD Kota  Padang  selalu menggenjot masing masing OPD untuk bisa pencapaian target pendapatan. Bagi OPD yang jauh dari harapan pencapaian target pendapatan ,kita bertegas-tegas agar Wali Kota mengganti kepala dinasnya, “ tegas Budi Syahrial.

Selain itu, lanjutnya, untuk retribusi , ‘beo’ harian, per 1 Juli 2020, menggunakan e-retribusi kerjasama dengan Bank Nagari. Sehingga penarikan retribusi atau ‘beo, tidak lagi bisa dimainkan petugas.

Mengenai recofusing anggaran , kata Budi, sebagai tugas pegawasan, DPRD mengetahui apa saja yang dilaksanakan dan kemana sasaran anggaran yang diperuntukkan. Pasalnya, anggaran yang digunakan dari APBD yang termasuk di dalamnya juga anggaran kegiatan serta pokir dewan. “Saya rasa hal ini juga sama dilakukan di Kab/Kota lainnya, “jelas Kader Gerindra Kota Padang ini.

Untuk pembagian BLT di Kota Padang, di atur melalui Peraturan Wali Kota (Perwako) No. 33 Tahun2020. Selanjutnya untuk menyongsong penerapan tatanan normal baru Pemko sudah membuat Peraturan Wali Kota (Perwako) No.49 Tahun 2024 tentang Tatanan Pola Hidup Baru yang terus disosialisasikan kepada seluruh stakeholder terkait dan juga seluruh warga Kota Padang.

Turut mendampingi rombongan tersebut ,Koordinator Komisi I ,Deni Asra yang juga selaku Ketua DPRD 50 Kota, Koordinator Komisi II DPRD 50 Kota , Wendi Chandra yang juga selaku Wakil Ketua DPRD 50 Kota.(02)

Balang

LEAVE A REPLY