DPRD kepulauan Mentawai kunjungi Disdikpora Kota Pariaman

0
49
PadangTIME.com – Berhasilnya Pemerintah Kota Pariaman dalam dunia pendidikan menjadikan Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman menjadi percontohan bagi daerah lain. Hari ini Kamis (11/2) Disdikpora mendapat kunjungan dari DPRD Kepulauan Mentawi.
Kunjungan diterima langsung oleh Kadis Dikpora Kota Pariaman Kanderi dan didampingi oleh Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman hartati Taher, Sekretaris Disparbud Kota Pariaman, BPKPD Kota Pariaman serta Sekretaris DPRD Kota Pariaman.
“Hari ini kita kembali menerima kunjungan dari daerah lain. Kali ini yang mengunjungi Kota Pariaman adalah DPRD Kepulauan Mentawai. Mereka mengunjungi Disdikpora Kota Pariaman karena tertarik dengan beberapa program yang telah berhasil kita laksanakan sampai saat ini.
Mulai dari pengeloaan dana BOS, Bantuan Keuangan Khusus, Kartu Pariaman Pintar, Pemberian insentif guru honor, Program Satu Keluarga satu Sarjana(Sagasaja) sampai peningkatan kualifikasi akedemi pendidik PAUD, “ ungkap Kepala Disdikpora Kota Pariaman Kanderi usai menerima kunjungan tersebut diruang kerjanya.
Ia menambahkan bahwa sebelumnya Disdikpora Kota Pariaman terkait hal yang sama juga telah dikunjungi oleh DPRD dan Pemerintah Kota Solok, kemudian kunjungan dari Sekretariat daerah dan DPRD Kabupaten Agam serta kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman barat.
Kota Pariaman memang selalu fokus pada dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman wajib belajar 12 tahun. Dilanjutkan dengan program Sagasaja yang telah berjalan sejak Tahun 2019 sampai sekarang. Banyak kerjasama yang telah dilakukan Pemko Pariaman dengan politeknik dan Universitas di Indonesia untuk mensukseskan kegiatan ini.
“Selain tertarik dengan Sagasaja, pada kunjungan ini kita juga menjelaskan seperti apa Disdikpora Kota Pariaman mengelola dana bos dan bantuan keuangan khusus. Untuk pengelolaan dana BOS, kita melaksanakannya sesuai dengan regulasi dan petunjuk yang ditetapkan.
Sementara bantuan keuangan khusus kita gunakan salah satunya untuk biaya pendidikan SMA/SMK di Kota Pariaman sehingga pelajar yang menuntut ilmu di Kota Pariaman tingkat SMA/SMK tidak dipungut biaya atau gratis dan ini telah kita laksanakan sejak Tahun 2019, “ ujarnya.
Ia berharap apa yang telah kita paparkan tadi bisa diteliti dan diterapkan di Kepulauan Mentawai. Sebaliknya apa yang telah disampaikan oleh DPRD Kepulauan Mentawai bisa kita pelajari sehingga pertukaran informasi ini sangat dirasakan manfaatnya.
Sementara itu rombongan DPRD Kepulauan Mentawai yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Yosep Sarogdok sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariaman khususnya didunia pendidikan.
“Kunjungan kerja yang kita lakukan hari ini terkait dengan pengeloaan dana BOS di Kota Pariaman umumnya dan bagaimana pedulinya Pemerintah Kota Pariaman terhadap dunia pendidikan khsususnya. Banyak hal yang telah kita diskusikan sehingga apa yang telah disampaikan Kepala Disdikpora Kota Pariaman bisa kita pelajari dan diterapkan di Kepulauan Mentawai, “ ungkapnya.
Banyak persoalan dan keluhan yang terjadi saat ini di Kepualan Mentawai khususnya tentang pengelolaan dana BOS dan yang lainnya. Kunjungan kerja ke Kota Pariaman merupakan salah satu langkah yang dilakukan DPRD untuk mendapatkan refensi sebelum melakukan reses pada Bulan Maret nanti.
Karena Kota Pariaman merupakan kota pertama di Provinsi Sumatera Barat yang sukses didunia pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here