Dosen Fekon Universitas Andalas Bermitra dengan Nagari Sako Pasiah Talang Kab. Solok Selatan atasi Covid -19

799

Oleh : Dr.Sosmiarti, SE, MS.i Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas

PadangTIME.com – Universitas Andalas sebagai mitra dalam memperkuat 10 aspek yang dianggap pelu dibenahi selama pandemi dan setelah pandemic covid-19, karena dianggap mempunyai dampak yang cukup signifikan ditengah – tengah masyarakat, sepuluh aspek ini dikenal dengan 10 tageh, yang terdiri dari Tageh Kesehatan,Tageh Ekonomi, Tageh Pendidikan, Tageh Pangan, Tageh Sosial dan Budaya, Tageh Informasi, Tageh PemudaP aga Nagari, Tageh Bencana, Tageh Bundo Kanduang dan Tageh Kemanan terhadap Penyakit Masyarakat.

Nagari Tageh  merupakan Pilot Project penerapan pola hidup normal baru. Dimana, konsepnya  untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) wujud kemandiran nagari dan masyarakatnya dari berbagai aspek kehidupan. Keberadaan Nagari Tageh pada  prinsipnya untuk  menjawab isu terkait Covid-19, meliputi aspek keamanan , aspek medis, aspek sosial dan aspek yang lainnya.

Manfaat dari kerjasama ini adalah Menjadikan Nagari Tageh (Tageh Kesehatan, Ekonomi, Pendidikan, Pangan, Sosial dan Budaya, Informasi, Bencana, dan Kemanan dan Penyakit Masyarakat), meningkatkan Kinerja Pengabdian Unand melalui Program Pengabdian Dosen Kepada Masyarakat alam Program Nagari Tageh serta meningkatkan Kinerja Pengabdian Unand melalui Program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kesungguhan mewujudkan nagari tageh ini terlihat dari Wali Nagari Sako Pasia Talang yaitu Bapak Okcy Hendri Putra, A. Md dan 7 nagari lainnya di Solok selatan dan tertuang dalam nota kesepakatan bersama Unand-Nagari tageh Solok Selatan pada Rabu 23 Desember 2020. Tim Dosen Unand yang bertugas sebagai mitra nagari Tageh di Nagari Sako Pasia talang adalah: Dr. Sosmiarti, SE, MSi, Dr. dr. AndaniEka Putra, M.Sc, Dr. Ir. Eri Gas Eka Putra dan YesiPuspita, S.Sos.,M.Si. Dalam kegiatan ini kita juga melibatkan alumni dan mahasiswa sebagai ujung tombak pelaksana di lapangan.

Hasil kesepakan dengan Wali nagari telah dirumuskan Program tageh sebagai berikut: Tageh Kesehatan: yaitu menyelenggarakan Rumah sehat Nagari dan Rumah masa depan untuk masyarakat positif Corona dan Ibu yang akan melahirkan.Tageh Ekonomi: dengan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan industri kreatif dikalangan pemuda. Serta Meningkatkan peran BUMNAG sebagai pusat bisnis nagari. Tageh Sosial Budaya:Dengan Peningkatan pemahaman tentang Covid 19 dan kebiasaan baru selama Pandemi Covid 19 pada level Ninik Mamak dan alim Ulama.Tageh Pendidikan: melakukan Edukasi masyarakat terhadap Covid 19 dan memperkuat IMTAG masyarakat dengan rumah tahfiz.

Tageh Ketahanan Pangan dan Bundo Kanduang: yaitu pelatihan dan pendampingan Kelompok wanita tani, meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dengan KRPL Tageh Bencana dan Pemuda Paga Nagari: dengan memberdayakan pemuda Paga Nagari sebagai Relawan Covid 19 untuk sosialisasi protocol covid 19 dan pelaksana rumah Sehat dan Rumah masa depan nagari.

Tageh Tehnologi dan Informasi: menjadikan Nagari digital dan merancang Ecomerce untuk Produk UMKM. Tageh Keamanan Penyakit Masyarakat:adalah dengan meningkatkan budaya malu berbasis kearifan local badi untuk menjauhkan generasi muda dari narkoba dan penyakit masyarakat.

Kegiatan pengabdian ini sudah mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Barat, Bupati Solok Selatan, Camat dan Pemuka Masyarakat. Sehingga  pada  17 November 2020 dilouncing Nagari Tageh oleh Gubernur Sumbar, yang dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas, Dosen Mitra, dan semua OPD se Solok Selatan dengan satu niat yang sama yaitu menjadikan Nagari Solok Selatan Tangguh dan Mandiri. Semoga Allah meridhoi niat baik ini. (02)

Balang

LEAVE A REPLY