Padang TIME.com-Pesisir Selatan – Dinas Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan Diskominfo Kabupaten Solok Selatan kunjungan tersebut Diskominfo Solsel melalui Kepala Bidang IKP Wessi mengungkapkan agar tujuan kunungan kerja kali ini agar bisa berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan Pengelolaan PPID dan Radio Langkisau FM.

“Kami ingin mengetahui bagaimana pengelolaan PPID dan Radio Langkisau di Pemda Pesisir Selatan, “ ungkapnya kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME.

Sebagaimana diketahui Pemda Pessel merupakan peringkat pertama pengelolaan PPID tingkat prov. Sumbar berturut-turut dari tahun 2018 begitu juga pengelolaan LPP Langkisau FM sudah beroperasi sejak tahun 2018.

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan dijamin konstitusi untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan melalui tata kelola pemerintanan yang baik untuk mendukung penyelenggaraan negara yang demokratif berdasarkan transparansi partisipasi dan akuntabilitas.

“Berapa filosofi telah kita kembangkan untuk mendukung keterbukaan informasi publik, “ Jelas Junaidi.

Dilanjutkannya untuk pedoman pengelolan KIP pemda pessel telah menunjuk PPID, menetapkan DIP/ DIK, merumuskan SOP pelayanan informasi publik dan mengembangkan sistem informasi serta menyediakan Des layanan informasi publik.

“Jumlah DIP pemda Pessel sendiri untuk tahun 2017 berjumlah sekitar 300 DIP, tahun 2018 sebanyak 3500 DIP dan tahun 2019 sebanyak 14.300 DIP, “ Jelasnya.

Sedangkan Dinas Kominfo selaku PPID utama memiliki tugas mengelola, menyimpan dan mengembangkan Sistem Dokumentasi dan Informasi Publik.

“Menyimpan, mengkoordinasikan pengumpulan, melakukan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan melakukan uji konsekuensi atas infromasi dan dokumentasi yang dikecualikan,” jelasnya.

Mendorong perubahan mindset dari kepala Daerah, Pimpinan Badan Publik untuk berkomitmen, berkonsistensi dan berkolaborasi serta menyediakan dukungan SDM yang berkompeten menjadi giat utama Pemda Pessel menuju Pemda yang informatif.

“Beberapa Inovasi pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik juga dikembangkan Pemda Pessel melalui pembangunan Sistem Informasi terintegrasi, membentuk media komunikasi, menyediaakan menu khusus transparansi anggaran, menyediakan papan informasi digital pada videotron, memanfaatkan berbagai media dalam penyampaian informasi, melaksanakan pemeringkatan keterbukaan informasi publik lingkup Pemda Pessel dan mengembangkan aplikasi PPID berbasis Android, “ tutupnya.

Pada kesempatan itu juga Diskominfo Solsel juga mengunjungi Pusat Pelayanan Dokumentasi dan Informasi PPID Utama dan talkshow di Radio Langkisau FM.

Balang

LEAVE A REPLY