Diskominfo Pesisir Selatan Selenggarakan Sosialisasi dan Pembinaan Nagari Statistik se Kec. IV Jurai

0
679

PadangTIME.com | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan selenggarakan Sosialisasi dan Pembinaan Nagari Statistik se Kecamatan IV. Jurai di Triza Hotel. Senin (14/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, S.I.P. Ikut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Junaidi S.Kom, M.E, Kepala Dinas DPMDKB diwakili Sekdis, Kepala Badan Bapppeda diwakili pejabat fungsional bidang PPEPD, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Pesisir Selatan, Irwan Fahlifi, S.H dan jajaran, Camat IV Jurai, Wali Nagari serta perangkat Nagari se Kecamatan IV Jurai.

Dalam sambutannya, Mawardi Roska menyatakan bahwa perlunya perubahan mindset pengelola data (nagari), filosofi data statistik yang dihasilkan haruslah jujur, adil dan merata.

“Filosofi statistik identik dengan ajaran agama yang  menghendaki adanya kejujuran adil, dan merata. jika dari hulu datanya sudah benar, maka ke hilir pasti bersih datanya. Kalau kita kita tidak jujur mendata dan mengolahnya, maka data ini tidak ada gunanya. Yang bertanggung jawab adalah unsur yang terdepan seperti Wali Nagari dan Kepala kampung” ujarnya. Di akhir sambutannya, Marwardi Roska menegaskan supaya pemerintah nagari sebagai garda terdepan bisa menjadikan ini sebagai diskusi utama di nagari agar data selalu di update.

Irwan Fahlifi selaku ketua penyelenggara kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Nagari Statistik ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman agar perangkat nagari lebih mengerti tentang statistik.

“Kita harapkan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini agar bisa memahami dan lebih mengerti mengenai statistik. Selain itu juga dapat melahirkan komunitas cinta statistik di kecamatan maupun di nagari”. hlarapnya.

Kemudian, peserta juga diharapkan lebih paham mengenai pengelolaan data sesuai dengan standar data nasional berdasarkan Peraturan Badan Pusat Statistik Nimor 4 Tahun 2021 tentang Standar Data Statistik Nasional yang berdasarkan atas metadata, interoperabilitas, kode referensi dan data induk.

Bertindak sebagai narasumber, sesi pertama Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Syafrudin, S.H., M.Si, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pesisir Selatan, Yudi Yos Elvin, S.Si., M.Si dan dilanjutkan narasumber sesi kedua oleh Kepala Bidang Statistik Sektoral Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Sumatera Barat, Oni Fajar Syahdi, M. M.A. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini