Diskominfo Pesisir Selatan Ikuti Rapat Virtual Dengan Kemenkominfo

1456
PadangTIME.com-Dinas Komunikasi dan Informatika Prov dan Kab/ Kota se Indonesia ikuti rapat virtual dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bertempat di ruangan vidcom PCC, Kamis (10/06).
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME melalui pesan whatsappnya mengatakan rapat yang diusung tersebut bertemakan sinergitas pusat dan daerah dalam penyelenggaraan urusan komunikasi dan informatika, statistik dan persandiaan.
Sebagaimana diketahui Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan Perangkat Daerah terdepan dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar meliputi urusan komunikasi dan informatika, urusan persandiaan dan urusan statistik yang diamanatkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Dari penjabarannya, Junaidi menyampaikan memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar merupakan prioritas nasional salah satunya dengan melakukan transformasi digital.
“Penuntasan infrastruktur pita lebar, infrastruktur TIK pemerintahan, pemanfaatan infrastruktur TIK,” jelasnya.
Serta memperkuat stabilitas polhukhankam dan tranformasi pelayanan publik melalui konsolidasi demokrasi dengan melakukan perbaikan peningkatan kualitas komunikasi publik, penguatan tatakelola IKP di pusat dan daerah, penyediaan konten dan akses informsi publik secara merata, berkeadilan terutama diwilayah 3T, peningkatan kualitas SDM bidang kominfo, peningkatan literasi TIK masyarakat, penguatan peran lembaga pers dan jurnalis serta peningkatan kualitas lembaga penyiaran.
Kemudian membentuk Computer Security Insident Response Team (CSIRT) serta pelatihan kemanan Siber  juga memperkuat dukungan data perencanaan pembangunan melalui koordinasi dan kerjasama lintas instansi sebagaimana yang diamanatkan Pepres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.
“BPS sebagai pembina data mengarahkan walidata untuk menjalankan tugas dan fungsinya,” tutupnya. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY