Disbudpar Padang Gelar Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona

811

PadangTIME.com – Di dalam sektor pariwisata, peran pemandu wisata (pramuwisata) begitu penting sesuai tugas dan fungsinya. Kemampuan dan keprofesionalan pramuwisata pun juga menjadi hal wajib. Jika pramuwisatanya baik, profesional dan menyenangkan, maka berkemungkinan akan dapat menggaet wisatawan lokal bahkan mancanegara. Sehingga dengan demikian, tingkat kunjungan pun diharapkan semakin meroket.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang diikuti para pemandu wisata (pramuwisata) di Kota Padang.

Kegiatan ini terbagi selama tiga hari pelaksanaan (10-12/3/202) bertempat di Aula Museum Aditiawarman, Selasa (10/3/2020)

Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Disbudpar Arfian sewaktu membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi atas digelarnya sosialisasi yang diikuti sebanyak 120 orang peserta tersebut.

“Sebagaimana diantara tujuannya adalah untuk menghasilkan tenaga terampil pramuwisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dan teknik dalam pemanduan wisata,” ungkap Arfian.

Selanjutnya sebut Arfian, melalui sosialisasi ini juga diharapkan meningkatkan kompetensi pramuwisata yang sesuai dengan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata.

“Begitu juga kegiatan ini juga untuk meningkatkan kualitas pramuwisata sebagai salah satu komponen dalam jasa usaha pariwisata. Kemudian mengembangkan dan ‘meng up to date’ kan pengetahuan para pelaku industri pariwisata,” tambahnya.

Untuk naasumber sebut Arfian, pihaknya menghadirkan dari kalangan akademisi, Himpunan Pramuwisata Indonesia DPD Sumatera Barat, praktisi dari Asita Sumbar, motivator dan lainnya yang berpengalaman di bidang kepariwisataan

“Kita berharap seluruh peserta serius dan mendengar materi dengan sebaik-baiknya. Sehingga mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara-cara menjadi pramuwisata yang baik. Dan setelah sosialisasi ini akan semakin meningkatnya Sumber Daya Manusia (SDM) pramuwisata yang profesional, berkualitas dan mampu menggaet wisatawan,” harapnya.(red)

Balang

LEAVE A REPLY