Dirjen PDSPKP Serahkan Bantuan Untuk Usaha Perikanan

0
239
PadangTIME.com – Dirjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Artati Widiarti menyerahkan bantuan usaha perikanan, pengolahan hasil perikanan, pemasaran dan budidaya ikan kepada kelompok nelayan di Pelabuhan Perikanan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Jumat (4/6).
Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Anggota DPD RI, Emma Yohana, Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah, Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri.
Pada kesempatan itu, juga hadir Plt. Dirjen PT, Muhammad Zaini, Staf Ahli Menteri Bid Esosbud, Darmadi Aries Wibowo, Direktur LPMUKP, Syarif Sjahrial dan Sesdit PRL, Hendra Yusran Siri.
Adapun kelompok dan nelayan yang menerima bantuan antara lain, Kelompok Harapan Jaya Bagan Sutera bergerak bidang usaha perikanan tangkap Rp 800 juta, Musrial usaha perikanan tangkap Rp 140 juta.
Berikutnya, Syafril Sani usaha perikanan tangkap Rp 140 juta,  Afrijan usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan Rp 40 juta dan Syafriyaldi usaha perikanan budidaya ikan lele Rp 115 juta.
Dirjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Artati Widiarti mengatakan, total  bantuan yang diserahkan tersebut sebesar Rp 1,23 miliar.
“Saya berharap kelompok dan nelayan yang menerima bantuan agar lebih giat berusaha dalam rangka meningkatkan ekonomi. Kemudian manfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya,” pintanya.
Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri mengatakan, bantuan pemerintah untuk nelayan tersebut bertujuan meningkatkan usaha sektor perikanan.
Antara lain, usaha perikanan tangkap, pengolah dan pemasar hasil perikanan, usaha perikanan budidaya lele dan lainnya. “Kita juga melakukan pembinaan pada nelayan yang menerima bantuan, sehingga dapat meningkatkan usaha sektor perikanan,” harapnya.
Anggota DPD RI, Emma Yohana dalam kesempatan itu meminta agar bantuan bagi nelayan itu dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
“Jangan sampai bantuan tersebut disalahgunakan.  Kemudian dinas terkait hendaknya melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap nelayan penerima bantuan,” pintanya.
Sementara Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang telah memberikan perhatian terhadap pengembangan usaha nelayan di daerah ini.
“Semoga dengan bantuan itu usaha perikanan semakin berkembang yang juga berdampak terhadap ekonomi nelayan. Kita juga berharap agar bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak hanya berhenti sampai disini, tapi berlanjut kedepannya,” ucapan wabup.  (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here