ad
PadangTIME.com – Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi, Dr. Irwan Syahril, Ph.D melakukan peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Kampus Program Studi Diluar Kampus (PSDKU) Universitas Negeri Padang (UNP) di Nagari Kolok, Kota Sawahlunto, Kamis (17/6/2021).
Dalam arahannya Dirjen GTK Irwan Syahril mengapresiasi kolaborasi pendidikan antara UNP dan Pemko Sawahlunto.
“Kita tau bahwa UNP sangat mengalami percepatan pembangunan dibawah kepemimpinan Prof. Ganefri, PSDKU salah satu wujud prestasi di samping pengembangan prodi menuju kualitas internasional,” ujar Irwan Syahril yang merupakan putra daerah Tanah Datar ini” .
Irwan Syahril menambahkan, terkait dengan pembukaan prodi harus berkualitas dengan semangat world class. pihak Dikti akan mempermudah pembukaan prodi asalkan menuju world class. Karena kompetensi yang melihat sesuatu masalah dari segala sudut pandang sangat strategis dari pada mono sudut pandang.
Sementara, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyatakan bahwa perjuangan Pemko Sawahlunto dan UNP untuk  mewujudkan PSDKU Prodi DIII Teknik Pertambangan dan Prodi D III Teknik Otomotif perlu diapresiasi.
“Kita harapkan keberadaan kampus ini menjadi kekuatan pengembangan SDM bagi daerah, khususnya di Sawahlunto, karena juga akan banyak melibatkan SDM dalam pengelolaannya dari Kota Sawahlunto,” pungkas Ganefri.
Ditambahkan Ganefri, kedepannya UNP juga akan membuka Prodi PGSD di Sawahlunto. “Mudah-mudahan putra-putra Sawahlunto yang akan kuliah di PSDKU akan kita berikan beasiswa Afirmasi, apalagi di tengah pandemi,” ujar Rektor yang saat ini juga dipercaya sebagai Ketua Forum Rektor LPTK Indonesia.
Selanjutnya Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH ketika memberikan sambutannya mengucapkan rasa syukurnya atas nama warga Sawahlunto atas realisasi pembangunan kampus PSDKU.
“Kita juga mengucapkan terimakasih pada UNP atas pilihannya membuka PSDKU di Sawahlunto dan juga kepada ninik mamak yang telah menyediakan lahan,” ujar Deri Asta.
Menurut Deri Asta, hadirnya UNP di daerahnya akan mampu meningkatkan ekonomi atau pendapatan masyarakat dan menggerakan wisata edukasi.
Selesai kegiatan seremoni dilanjutkan dengan kegiatan peletakan baru pertama pembangunan PSDKU UNP. Pada acara peletakan batu pertama Kampus PSDKU di Sawahlunto ini, dihadiri juga oleh  Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri, para Wakil Rektor, Ketua Senat UNP,  Dekan dan Direktur Pascasarjana selingkungan UNP, Ketua lembaga dan Kepala Biro UNP dan jajarannya.
Dipihak Pemko Sawahlunto hadir Wakil Walikota, Ketua DPRD,  Kepala Kejaksaan dan kepala Pengadilan pimpinan lembaga lainnya di Kota Sawahlunto. Acara ini disiarkan secara live melalui youtube UNP Video Streaming oleh tim UPT. PTIK dan Humas UNP. (hms/pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here