Dinsos Lakukan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

476
PadangTIME.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan melakukan peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial dengan verifikasi data yang benar dan tepat.
Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Sosial Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan di Kecamatan Lunang, Selasa (6/10) di kantor camat setempat.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Zulfian Aprianto, Selasa (6/10).
Disebutkan Zulfian Aprianto, kegiatan tersebut diikuti Camat  Lunang, Lyonica Ventira, walinagari dan kepala kampung se-Kecamatan Lunang.
Dikatakan, peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, sehingga berbagai program sosial yang digulirkan menjadi tepat sasaran.
Ia menjelaskan, peningkatan kualitas data itu dilakukan dengan verifikasi dan validasi. Hal itu dilakukan secara berkelanjutan.
“Data yang ada dicocokan dengan kondisi yang sebenarnya, karena dengan rentang waktu yang cukup lama bisa saja ada sebagian dari warga tidak lagi layak masuk ke basis data terpadu. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari sudah meningkatnya perekonomian atau bahkan meninggal dunia,” ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial, selain mengerahkan petugas dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pihaknya juga melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), walinagari dan kepala kampung.

“Pihak terkait kami libatkan agar data yang ada benar-benar cocok dengan situasi yang sebenarnya, sehingga berbagai program sosial dapat direalisasikan tepat sasaran,” katanya lagi. (nz)

Balang

LEAVE A REPLY