Dinkes Kota Pariaman Ikuti Pembahasan Akselerasi Capaian Vaksinasi

0
53
PadangTIME.com – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman mengikuti pembahasana akselerasi pencapaian vaksinasi covid-19 secara virtual yang bertempat di Ruang Media center Kota Pariaman hari ini Senin (15/2).
Rapat pembahasan akselerasi capaian vaksinasi dipimpin oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono dan diikuti oleh seluruh Dinas Kesehatan di Indonesia.
Dalam rapat tersebut, Dante menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden setiap kepala daerah agar menyukseskan program vaksinasi. Pemerintah pun menargetkan penyuntikkan vaksin kepada 181,5 Juta penduduk di Indonesia untuk mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity) demi memutus mata rantai pandemi Covid-19.
“Itu memang harapan Presiden Ri, namun ternyata ada beberapa hal yang membuat vaksinasi tertunda atau gagal karena aturan kriteria yang telah ada. Maka dari itu kami akan melakukan evaluasi terhadap tertundanya vaksinasi. Ternyata yang paling banyak adalah penyintas covid tidak bisa divaksinasi dan hipertensi. Kami sudah melakukan pertemuan dengan panelis ahli nasional untuk vaksinasi dan akhirnya kami melakukan pelonggaran terhadap aturan tersebut. Untuk hipertensi boleh dilakukan kecuali tekanan darah 180/100, diabetes atau kencing manis sepanjang tidak ada komplikasi akut boleh dilakukan vaksinasi, “ ujarnya.
Ia menambahkan untuk penyitas covid boleh dilakukan vaksinasi setelah 3 (tiga) bulan dinyatakan sembuh. Ibu menyusi juga dibolehkan melakukan vaksinasi melihat dari kondisi ibu tersebut. Melakukan vaksinasi terhadap ibu menyusui secara tidak langsung juga akan memberikan kekebalan kepada balitanya.
Ia berharap dengan adanya kelonggaran ini, maka akan lebih banyak lagi masyarakat khususnya tenaga kesehatan yang akan melakukan vaksinasi sehingga target yang diharapkan bisa tercapai dan Indonesia mampu keluar dari covid-19.
Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Rio Arisandi usai mengikuti rapat mengatakan bahwa sampai saat ini tenaga kesehatan di Kota Pariaman yang telah melakukan vaksinasi sebanyak 60 % untuk vaksinasi tahap I.
“Alhamdulillah semakin hari semakin banyak para tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi. Diawal mungkin sedikit terkendala karena beberapa faktor, salah satunya adalah hipertensi sehingga capaiannya sedikit. Namun setelah dilakukan penundaan beberapa hari, kita kembali lakukan cek dan alhasil para tenaga kesehatan bisa divaksin, “ ungkapnya.
Kota Pariaman akan selalu mendukung penuh kegiatan vaksinasi. Ini dibuktikan dengan telah dicanangkannya vaksinasi tingkat Kota Pariaman pada Jum’at, 05 Februari 2021 lalu dan langsung dilakukan vaksinasi terhadap Walikota dan Forkopimda Kota Pariaman serta Ketua Tp PKK Kota Pariaman.
Ia berharap Kota Pariaman bisa mencapai target dalam melakukan vaksinasi. Sehingga apa yang ditakutkan selama ini ditengah masyarakat, bisa hilang dengan sendirinya. Begitu juga dengan rantai penularan covid-19, bisa terputus dan masyarakat di Kota Pariaman hidup seperti biasa sehingga perekonomian Kota pariaman bisa pulih kembali. (pt)
bebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here