Dinas Pertanian Pesisir Selatan Prioritaskan Penanggulangan Hama Tanaman

0
740

PadangTIME.com | Kegiatan penanggulangan dan pemberantasan hama yang menyerang tanaman petani tetap menjadi prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan.

“Ya, kegiatan penanggulangan hama tanaman itu terus dimaksimalkan dalam rangka peningkatan produktivitas pangan serta mengantisipasi kerugian petani dalam usaha sektor pertanian,” tegas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan, Mardianto ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/12).

Dikatakan lebih lanjut, kegiatan penanggulangan hama tanaman atau disebut juga Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ke depan akan dilakukan lebih maksimal lagi, dan tentunya juga berkelanjutan.

Disebutkan, hal itu dilaksanakan agar hama tidak melakukan kerusakan lebih luas dan menekan pergerakannya ke tempat lain. Ke depan Dinas Pertanian juga berupaya meningkatkan gerakan pemantauan dan pengendalian hama tanaman.

Dikatakan lebih jauh, untuk meningkatkan produktivitas pertanian, tentu berbagai upaya perlu dilakukan seperti pencegahan hama dan penyakit tanaman, pengadaan benih unggul melalui penangkar benaih yang ada, penerapan teknologi tepat guna, peningkatan SDM petani dan lainnya.

Terkait hal itu menurut Mardianto, petani hendaknya juga proaktif melaporkan bila terjadi serangan hama dan penyakit tanaman kepada tenaga penyuluh di wilayahnya untuk diambil langkah pencegahan, ucapnya.

Disisi lain, pihaknya meminta tenaga penyuluh di kecamatan agar aktif memantau kondisi tanaman petani di lapangan, sekaligus melakukan komunikasi secara intensif dengan petani untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan.

Selanjutnya, Dinas Pertanian terus mendorong petani agar meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) untuk mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan nasional.

Disebutkan, lahan sawah beririgasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan juga terus dioptimalisasi untuk menggenjot produksi padi yang menjadi sumber ekonomi masyarakat.

“Lahan sawah beririgasi itu tetap mendapat perhatian, dimana pemkab mengupayakan lahan tersebut digarap secara maksimal untuk tanaman padi yang pada gilirannya meningkatkan ekonomi masyarakat Pesisir Selatan. Saat ini, sarana dan prasarana irigasi juga sedang diperbaiki,” ungkapnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini