Dinas Dikpora Kota Pariaman Gelar Bimtek Pemanfatan Akun belajar.id untuk guru SD sampai SMP

0
526
Padang TIME – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Dikpora (Pendidikan Pemuda dan Olahraga), memfasilitasi guru-guru jenjang SD dan SMP se Kota Pariaman, untuk mengikuti Bimtek (Bimbingan Teknik) pemanfaatan Akun belajar.id , yang diselenggarakan selama 6 hari kedepan, bertempat di SD N 04 Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum’at (28/1).

Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kenderi mengatakan bahwa Pada era Digital 4.0 saat ini, guru dituntut untuk mampu menggunakan teknologi internet, apalagi semenjak pandemic Covid-19, aktivitas guru banyak memberikan pembelajaran kepada siswa secara daring.

“Salah satu aplikasi pembelajaran yang dikeluarkan oleh kemdikbudristek baru-baru ini yaitu akun belajar.id . Alasan akun ini harus dimiliki oleh guru yaitu supaya guru tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengajar secara inovatif dan kreatif dengan menggunakan teknologi,” ujarnya.

Dengan adanya Akun pembelajaran belajar.id, kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar, mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek, sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

“Tujuannya digitalisasi ini, adalah untuk mewujudkan Cyber Education, sehingga dalam pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi, dan membiasakan peserta didik berpikir dan bekerja kreatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan,” tukasnya lebih lanjut.

Dengan adanya akun di belajar.id ini, banyak kemudahan dan fasilitas yang didapatkan oleh pemilik akun, mulai dari kuota internet yang unlimited, akses ke Goggle meet secara gratis, keamanan akun tingkat tinggi, karena akun belajar.id adalah akun premium yang terdaftar di Google, karena itu diharapkan agar guru dapat memanfaatkan hal ini dengan baik, ulasnya.

“Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Akun Pembelajaran juga akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud,” tuturnya.

Kanderi juga mengatakan bahwa materi dan informasi dari Kemendikbud, misalnya terkait bantuan pemerintah dan Asesmen Nasional, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran, oleh karenanya, Kemendikbud menyarankan penggunaan Akun Pembelajaran semaksimal mungkin,” terangnya.

“Harapan kita, setelah digelarnya bimtek ini, guru-guru mampu memanfaatan semua fasilitas atau fitur yang ada dalam akun belajar.id, sehingga memberi kemudahan kepada pembelajar atau guru untuk mentransfer ilmu kepada siswa,” ungkapnya mengakhiri.

Untuk hari pertama sampai hari keempat, akan diikuti oleh Guru SD, dan hari kelima dan keenam baru diikuti oleh guru SMP. Sedangkan narasumber Bimtek ini adalah ibu Ermida Yusi (Guru PAI) yang merupakan co-capten belajar.id Sumbar, yang sudah ikut pelatihan belajar.id level 3, bersama dengan Novi Musnaldi (Guru TIK) yang pernah menjadi Programer di Dinas Kominfo Kota Pariaman, yang keduanya merupakan Guru dari SMP N 1 Pariaman.  (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini