ads

PadangTIME.com | Kapolsek Banuhampu, Sei Puar. AKP.Yulandi Rusadi. pada Jum’at (14/10/2022) malam membenarkan adanya beberapa ekor harimau liar yang masuk ke kebun warga yang berada di lereng Gunung Singgalang, Polsek Banuhampu bersama  BKSDA akan lakukan penyelidikan terkait laporan tersebut, dan apabila benar pihaknya bersama BKSDA akan melakukan pengusiran ke habitatnya, ujar Kapolsek

Hal ini di perkuat oleh Roni Saputra (28) yang beralamat Jorong Baringin Nagari Cingkariang Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, ia telah melaporkan  2 ekor  Anjing penjaga kebun miliknya yang diikat di pondok hilang, dan ditemukan  jejak kaki diduga Harimau dengan ukuran berbeda yakni  2 ekor, Harimau dewasa dan Anak Harimau. 

Kemudian Roni Saputra melaporkan hal tersebut kepada pihak Kepala Jorong Baringin, Walinagari Cingkarian dan Bhabinkamtibmas AIPTU Rijuismain.

Atas informasi ini  Bhabinkamtibmas melaporkan kepada Kapolsek Banuhampu Sei Puar.

4 orang Personil Bhabinkamtibmas bersama Kepala Jorong Tanah Biriang dan Jorong Baringin serta warga masyarakat berangkat ke TKP di Puncak Kabun.

Sesampainya di kebun milik Roni Saputra memang ditemukan beberapa bentuk jejak kaki hewan yang diduga adalah Harimau dengan ukuran yang berbeda.

Dugaan ini diperkuat dengan informasi bahwa hari Rabu tanggal 12 Oktober 2022 juga telah hilang sebanyak anjing dan sapi milik masyarakat Jorong Caruak (lereng gunung Singgalang) Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Koto Kab.Agam dan diseputaran kandang ternak yang hilang juga ditemukan beberapa jejak kaki yang sama.

Kepada masyarakat untuk sementara yang berkebun disekitar Puncak Kabun, untuk sementara waktu tidak dulu pergi ke kebunnya, termasuk 1  Keluarga yang tinggal di puncak kabun atas nama  Pen bersama istrinya Bet dan 3 orang anaknya untuk dapat mengungsi sementara sampai situasi aman ujar Kapolsek.

Rencananya BKSDA  akan  menurunkan personil kelapangan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Hewan Harimau liar kepada warga yang ada dilereng Gunung Singgalang.

Berdasarkan komunikasi tersebut, kita dari polsek Banuhampu dan Polres Bukittinggi juga akan mendampingi Kegitan tersebut pungkas kapolsek Banuhampu AKP Yulandi. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini