Dialog Publik Ekonomi Syariah KNKS ,MES dan BI Sumbar Desak Bank Nagari Jadi Bank Syariah

1075

PadangTIME.com – Untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sumatera Barat KNKS bersama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) serta Bank Indonesia mengadakan round table discussion Logika Eksyar (Dialog Publik Ekonomi dan Keuangan Syariah) dengan tema “Pengembangan Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Sumatera Barat” dan “Optimalisasi Peran Pemerintah dalam Mendukung Konversi Bank Nagari yang diadakan di Hotel Inna Muara pada Jumat (18/10)

Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) BI Sumatera Barat dan MES Kota Padang berkomitmen untuk mempercepat, memperluas dan memajukan keuangan syariah di Sumatera Barat . Direktur Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembanganmengatakan Infrastruktur Sistem Keuangan Syariah Ronald Rulindo, PhD mengatakan salah satu tugas dan fungsi KNKS mempunyai peranan penting dalam menyamakan persepsi dan mewujudkan sinergi antara regulator ,pemerintah serta para pelaku di bidang ekonomi dan keuangan syariah yang selaras dan progresif untuk pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat.

Disisi lain Asisten Direktur Pengembangan Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Christoveni menjelaskan bebera langkah -langkah yang telah dilakukan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat dalam mendukung dan mendorong ekonomi dan keuangan syariah di Sumatera Barat diantaranya membina UMKM Syariah, BI Sumatera Barat melakukan pembinaan pada Pesantren sebagai basis pengembangan ekonomi syariah melalui pendidikan dan pengembang bisnis syariah dan sosial. Sedangkan kegiatan lain yang juga dilaksanakan BI dengan melakukan training dan mensosialisasikan ekonomi syariah melalui festifal , serta melakukan studi pengembangan pariwisata halal ungkap Feni.

Acara Dialog Publik Ekonomi dan Keuangan Syariah ini juga dihadiri Wakil MES Kota Padang Endrizal (Kadis Perdangan Kota Padang), Muhammad Sobri , Yuskan dari Akademisi, Kadis Koperasi Kota Padang, Hendri Direktur Bank Syariah, Dr. Muklis Bahar dari MUI, Mendi R dari OJK , Ahmad Wira M.Ag.M.Si. P.hD Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN I B Padang dan yang lainnya.

Disisi lain Mendi R dari Otoritas Jasa Keuangan mengatakan bahwa dalam menyusun roadmap pengembangan keuangan syariah langkah yang dilakukan dengan melakukan peningkatan kelembagaan dan memperluas akses melalui edukasi/literasi (Tisna)

Balang

LEAVE A REPLY