Dekranasda Kota Padang Segarkan Inspirasi ke Agam

4405

PadangTIME.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang berkomitmen menggeliatkan ekonomi kreatif melalui program – program pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM). Dalam program tersebut mengelaborasi kerajinan, baik dari khas lokal maupun yang terinspirasi dari kerajinan daerah lain.

“Untuk itu, Dekranasda Kota Padang melakukan studi tiru ke Dekranasda Kabupaten Agam guna mengulik kiat pengembangan ekonomi kreatif dan IKM di daerah ini,” kata Ketua Dekranasda Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi saat kunjungan ke Dekranasda Agam di Belakang Balok, Rabu (5/2/2020).

Harneli dan rombongan disambut Ny. Vita Indra Catri menyebut, dalam hal pengembangan ekonomi kreatif berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan IKM Dekranasda Kota Padang mesti belajar. Terutama dari Kabupaten Agam yang memiliki potensi besar di bidang ini.

“Perkembangan UMKM dan IKM yang bersinergi dengan Dekranasda di Agam terbukti dengan menjamurnya kerajinan sulam, konveksi serta pengrajin perak. Hasil dari UMKM dan IKM Agam itu membanjiri pasar, baik di Bukittinggi maupun Kota Padang,” papar Harneli yang didampingi istri Wakil Walikota Padang sekaligus Ketua Harian Dekranasda Ny. Genny Hendri Septa serta istri Sekda Padang Ny. Marni Amasrul.

Lebih lanjut, Harneli mengungkapkan, keingintahuan pihaknya terkait sumber pendanaan untuk kegiatan Dekranasda Agam. Dia juga mengulik kiat – kiat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Kami ingin belajar tentang pengelolaan keuangan dan berencana membentuk koperasi. Sepertinya Agam sudah melakukan itu,” ulasnya.

Sementara itu, Vita Indra Catri selaku Ketua Dekranasda Agam didampingi Kepala Dinas Perindag dan Koperasi, Fatimah menjelaskan kegiatannya. Kegiatan yang dilakukan, selain pembinaan terhadap UMKM dan IKM bersinergi dengan dinas terkait, pihaknya menguatkan peran Dekranasda dengan pemasaran.

“Pembinaan – pembinaan tetap kami lakukan sembari menguatkan Dekranasda sendiri. Pengelolaan keuangan juga diefektifkan, dari APBD dan dari kelebihan hasil Dekranasda sendiri,” kata Vita.

Rombongan Dekranasda Padang bisa mendapat inspirasi lebih lengkap untuk pengembangan UMKM, IKM dan kerajinan yang ada. Untuk itu, pihaknya mengajak rombongan mengunjungi Rumah Sulam yang dikelola Dekranasda Agam.

Dalam rombongan juga turut serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang Yunisman, Kepala Bidang Pemasan Pariwisata Disparbud Kota Padang O.S. Damanik dan staf Bagian Humas Yurizal. (02)

Balang

LEAVE A REPLY