Debat Pertama Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Usung Tema Pemerintahan, Pelayanan Publik Dan Kebangsaan

528
PadangTIME – Debat pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan yang disiarkan secara langsung oleh TVRI Sumatera Barat, Rabu (11/11) telah terlaksana dengan baik. Demikian dikatakan Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar, Kamis (12/11).
Ia menyebutkan, adapun tema yang dibahas dalam debat pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan itu adalah pemerintahan, pelayanan publik dan kebangsaan.
“Ya, secara teknis, debat terselenggara sesuai mekanisme yang diatur dan dibahas bersama Tim Penyusun Materi. Tanggap menanggap antar Paslon membuat suasana menjadi dinamis. Perihal uraian visi, misi dan program yang disampaikan oleh Paslon, sepenuhnya akan menjadi penilaian masyarakat pemilih,” katanya.
Dikatakan, debat visi dan misi Paslon penting karena beberapa  alasan. Pertama, visi dan misi merupakan syarat pencalonan dan oleh UU Pilkada diperintahkan sebagai sesuatu yang wajib disampaikan oleh Paslon semasa kampanye kepada masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis.
Kedua, di dalam sistem perencanaan pembangunan, naskah visi dan misi pasangan kepala daerah terpilih akan dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
Kemudian tujuan debat publik Paslon adalah untuk menyebarkan luaskan visi dan misi, memberikan informasi pada pemilih dan  menggali lebih dalam setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat.
Sementara  tim penyusun materi debat ditunjuk oleh KPU Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri atas pakar di bidangnya, baik dari kalangan profesional , akademisi maupun tokoh masyarakat.
“Kualifikasi tim penyusun materi mempunyai integritas, jujur, simpatik, dan kapasitas sesuai dengan bidangnya, bersikap netral, tidak mempunyai hubungan dengan partai politik, dan lainnya,” kata Epaldi.
Oleh karena itu, masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan dapat kembali menonton siaran tunda debat pertama tersebut, yang akan disiarkan oleh TVRI Sumatera Barat, Kamis (12/11) pukul 14.00 WIB. (NZ/PT)
Balang

LEAVE A REPLY

5 + = 8