Padang time.com-Terkait pembangunan demokrasi, dalam rangka menghadapi Pilkada serentak di 4 (empat) Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yaitu Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kota Sawahlunto serta Pemilihan Umum tahun 2019,DPPKBKPS juga telah melakukan rapat koordinasi dengan jajaran KPU di Provinsi Sumatera Barat.

Dari rakor yang dilaksanakan KPU menggunakan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu yang bersumber dari data Kementerian Dalam Negeri cq. Dirjen Dukcapil. Dengan telah diberikannya data kependudukan tersebut kepada KPU, maka jajaran Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat siap mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi dimaksud.

Salah satunya yang terpenting dari kebijakan dan regulasi di tingkat pusat terkait data kependudukan adalah dengan digunakannya KTP-el sebagai syarat untuk dapat digunakannya hak pilih dalam Pemilihan Umum. Hal ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para pemilih untuk mengurus dan memperbaharui informasi yang ada dalam dokumen kependudukannya.

Dengan pencapaian target perekaman KTP-el per Desember 2017 sebesar 92,23% dari target wajib KTP dan masih terus diupayakan peningkatannya sampai dengan pelaksanaan Pemilihan Umum, maka masyarakat Sumatera Barat siap untuk menyukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019.(PT/Hms Sumbar)

Balang

LEAVE A REPLY