Padang TIME.com-WeChat Pay akhirnya resmi beroperasi di Indonesia setelah Bank Indonesia (BI) memberikan persetujuan kepada dompet digital asal China itu untuk beroperasi di Indonesia per 1 Januari 2020.
WeChat Pay menggandeng Bank CIMB Niaga untuk menjalankan bisnisnya yakni sistem pembayaran digital, WeChat Pay harus mengikuti sistem QR Indonesian Standard (QRIS).
“Kita sudah berikan persetujuan kepada salah satu bank BUKU IV dengan WeChat terkait pembayaran menggunakan QRIS,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng, Rabu (15/1/2020).
Sebelum mendapat persetujuan dari BI, WeChat Pay sempat beroperasi di Bali untuk memenuhi kebutuhan turis-turis China dalam bertransaksi di Pulau Dewata.
Saat itu BI melarang WeChat Pay beroperasi di Tanah Air karena menyalahi ketentuan dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/2019 tentang Implementasi Standar Nasional QR Code untuk Pembayaran.
Dalam aturan tersebut, perusahaan sistem pembayaran harus bekerja sama dengan Buku IV untuk masuk sebagai PJSP domestik.
“Pasal 18 dan 19 yang menyatakan bahwa transaksi QR Code Pembayaran dengan menggunakan sumber dana yang ditatausahakan dan/atau instrumen pembayaran yang diterbitkan di luar wilayah NKRI harus bekerja sama dengan bank BUKU IV,” kata Sugeng.
Balang

LEAVE A REPLY