Dampak Corona, Kunjungan penduduk ke Sumbar Turun 21,5 Persen

107
Padang TIME.com-Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat mencatatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu  turun 21,5 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.
Pitono, Kepala BPS Sumbar menyebutkan penurunan kunjungan secara signifikan itu disebabkan mewabahnya virus corona atau covid-19 di seluruh dunia, sehingga setiap negara melakukan pembatasan.
Menurutnya, di awal tahun ini, setiap orang menunda bepergian dan setiap negara juga melakukan pembatasan kedatangan wisatawan, sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus corona.
Adapun, jumlah kunjungan wisman ke Sumbar sebanyak 4.038 orang turun dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 5.144 orang atau sebesar 21,5 persen.
Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kunjungan wisman ke Sumbar juga turun 6,98 persen.  jumlah kunjungan wisman masih mencapai 4.341 orang.
Sepanjang dua bulan pertama tahun ini, total wisman mencapai 8.379 orang atau turun 13,37 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 9.672 orang.
Wisman ke Sumbar masih didominasi kunjungan dari negara tetangga Malaysia yang totalnya mencapai 82,59 persen dari total wisman ke daerah itu. Diikuti wisman dari Australia, Singapura, Perancis, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Jerman, Brasil, dan Belanda.
Pitono memperkirakan kunjungan wisman ke Sumbar dalam beberapa bulan ke depan masih akan menurun, karena pembatasan akses warga negara asing ke tanah air.
Selain itu, pemerintah daerah provinsi Sumatra Barat dan kabupaten/kota sudah menutup hampir seluruh objek wisata di daerah itu selama penanganan wabah covid-19.(PT/Hms Sumbar)
Balang

LEAVE A REPLY