Oleh: TISNA,S,Pd.
PadangTIME.com– RASA cemas/khawatir merupakan kebiasaan mental yang tidak sehat dan merusak manusia. Sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari bahwa seseorang sering merasa cemas menghadapi kehidupan yang baru, manusia sering  mengidap penyakit yang membahayakan karena sering mengalami kekhawatiran, misalnya seorang mahasisiwa ada yang mengalami stres  karena dia takut tidak berhasil  dalam perkuliahan  sedangkan dia satu-satunya harapan orang tuanya, seorang mahasiswa yang baru menduduki semester VI, mahasiswa tersebut selalu dihadapi rasa cemas karena ia takut tidak mampu menyelesaikan skripsi,
Cukup banyak sekali kalau dikemukakan hal-hal yang menybabkan manusia menjadi cemas dan khawatir. Kecemasan adalah wabah yang besar pada masa modern  dan musuh paling  menghancurkan dari kepribadian serta paling samar yang akan merusak manusia. Bagaimana cara menghindari diri dari rasa cemas? untuk lebih jelasnya akan dijelaskan sebagai berikut:
  1. Dengan mempraktekan apa yang di cemaskan/dikhawatirkan dengan jalan menghadapi dengan keimanan, semua kekuatan dan ketekunan yang dimililki mulailah mempraktekkannya dengan keimanan
  2. Binalah persahabatan dengan orang yang penuh harapan, yang berpikir positif. dengan pikiran yang menghasilkan kekuatan iman dan orang yang menyongkong suasana yang kreatif.
  3. Hindari dari percakapan yang mengandung kecemasan/kekhawatiran dan jauhi sekelompok orang yang pisimis karena dapat membuat kita berpikir negative seperti mereka.
  4. Pandang kehidupan di dunia ini dari sisi kebaikan sehingga menimbulkan  rasa tentram dan damai apabila seseorang dalam kehidupannya memandang orang lain musuhnya maka hidupannya akan tidak tentram, dalam benaknya hanya ada pikiran cara untuk melumpuhkannya lawan sehingga menjadikan  kehidupannya kacau  dan kemudian akan menimbulkan  suatu penyakit yang susah untuk di obati. (Naufal)
Balang

LEAVE A REPLY