Cegah DBD , Masyarakat Lakukan Langkah 3M Plus

0
705

Padang TIME | Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lumpo, Kecamatan IV Jurai melakukan kegiatan terintegrasi program dalam rangka intervensi kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) di Nagari Lumpo dan Nagari Sungai Sariak, Senin (16/1).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas Lumpo antara lain, Resy Bismaya Sari, Str.Keb, Azwardi, AMKL, Eva mulyani, Amd.Keb, Eldila Vevilina, AMKL  Dalam kegiatan itu tidak ditemukan warga yang positif DBD. Kemudian tidak ada jentik nyamuk baik di kamar mandi maupun tempat penampungan air lainnya.
Kepala UPT Puskesmas Lumpo, dr.Salma Anas mengatakan, Puskesmas Lumpo akan selalu mengingatkan dan mengimbau masyarakat supaya terus waspada dengan penyakit DBD.Selanjutnya, Puskesmas Lumpo terus melakukan kegiatan penyuluhan keliling yaitu mengimbau masyarakat melakukan langkah 3M Plus untuk mengantisipasi penyebaran DBD.
Langkah 3M Plus itu adalah menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas. Sedangan Plus adalah menggunakan obat anti nyamuk. memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi.
Kemudian memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar, menanam tanaman pengusir nyamuk seperti serai, menggunakan penangkal nyamuk pada anggota badan, misalnya pergelangan tangan dan kaki, menggunakan kelambu nyamuk saat tidur, memastikan jendela dan pintu rumah tertutup dengan baik, rajin membersihkan rumah dari tumpukan barang, termasuk gantungan baju, menghindari aktivitas di luar rumah pada masa aktif nyamuk yaitu petang dan subuh hari.
Demam berdarah dengue merupakan virus dengue melalui nyamuk Aedes aegypti.
Demam berdarah dengue dapat membuat penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulangnya patah. Pada sejumlah pasien, demam berdarah dengue dapat menjadi penyakit yang sangat mengancam jiwa.
Gejalanya adalah demam yang mendadak tinggi hingga 39 derajat Celcius merupakan gejala utama dari demam berdarah dengue. Demam ini akan berlangsung terus-menerus selama 2-7 hari.
Tanda-tanda seperti nyeri kepala, menggigil dan lemas, nyeri di belakang mata, otot, dan tulang, kesulitan menelan makanan dan minuman, mual dan muntah. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini